Kompas.com - 29/05/2022, 09:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolam yang kotor tidak menarik dan tidak aman. Mengetahui cara merawat kolam adalah kunci untuk menikmati air kolam yang jernih kapan saja.

Menikmati berenang di kolam renang yang berada di halaman belakang rumah atau taman adalah hal menyenangkan setelah menjalani hari yang melelahkan. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah dengan Kolam Renang? Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Namun, mendapati air kolam renang yang kotor, keruh, dan bau tentu membuat tak menarik untuk berenang. Menjaga kolam renang tetap bersih serta airnya jernih membutuhkan pemeliharaan lebih daripada sekadar membuang beberapa bahan kimia ke dalam kolam.

Menyeimbangkan pH, menghilangkan kotoran dari permukaan, dan melakukan perawatan klorin hanyalah beberapa tugas yang perlu dilakukan pemilik kolam renang secara teratur.

Dikutip dari Bobvila, Minggu (29/5/2022), berikut cara menjaga kolam renang tetap bersih serta jernih sehingga Anda dapat bersantai atau bermain kapan saja. 

Baca juga: 6 Tips Perawatan Kolam Renang agar Tetap Bersih dan Terlihat Segar 

Singkirkan kotoran dari permukaan air dan filter 

Ilustrasi kolam renang di tamanUnsplash/DaYsO Ilustrasi kolam renang di taman
Menyingkirkan puing-puing dari kolam adalah tugas pemeliharaan kolam renang yang paling mudah dan harus dilakukan sering.

Daun jatuh, serangga mati, bahkan makhluk hidup sering ditemukan di kolam, tetapi relatif mudah dihilangkan dengan jaring skimmer bergagang panjang.

Dalam beberapa kasus, filter menyedot kotoran, yang berarti filter perlu dibuka untuk menghilangkan kotoran. Pastikan filter tidak beroperasi saat melakukan pembersihan kolam secara teratur. 

Baca juga: Tips Merapikan dan Menyimpan Pelampung serta Aksesori Kolam Renang 

Sikat sisi kolam untuk menghilangkan ganggang dan endapan 

Meski ada upaya untuk menjaga pompa tetap berjalan cukup sering, buih, ganggang, dan sedimen akan menumpuk di tepi kolam vinil atau beton.

Di tepi atas kolam, gunakan sikat kolam untuk membersihkan endapan atau penumpukan bahan kimia yang mungkin terjadi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.