Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Menghadirkan Kolam Renang Kecil di Halaman Belakang Rumah

Kompas.com - 23/12/2021, 18:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kolam renang di rumah dengan lahan terbatas barangkali mustahil. Namun, meskipun Anda memiliki halaman belakang rumah yang sempit, ternyata Anda masih bisa menghadirkan kolam renang.

Dilansir dari Living Etc, Kamis (23/12/2021), dengan perhitungan yang cermat, Anda tidak perlu mengorbankan semua lahan halaman belakang rumah untuk menambahkan kolam renang.

Sebuah kolam renang kecil biasanya berukuran sekitar 1 meter persegi. Bahkan ukuran kolam renang bisa lebih kecil jika Anda hanya ingin kolam kecil untuk mendinginkan diri.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Kolam Renang di Rumah

Ilustrasi kolam renang di rumah. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi kolam renang di rumah.

"Jika Anda memiliki taman kecil, ada berbagai pilihan untuk menambahkan fitur rekreasi air, dan kelebihannya adalah bahkan jika Anda perlu memilih kolam kecil, itu tidak berarti Anda dibatasi untuk menggunakannya sebagai kolam renang kecil," kata SPATA (Swimming Pool and Allied Trades Association).

Menurut SPATA, tidak ada aturan bahwa kolam renang harus berukuran persegi panjang. Selain itu, tidak ada aturan pula bahwa kolam renang harus simetris.

"Jika Anda memiliki ruang taman yang canggung, kolam dapat dibuat agar pas di dalamnya. Jika taman panjang tetapi tidak terlalu luas, Anda dapat memiliki kolam yang dirancang untuk berfungsi sebagai jalur berenang secara efektif," jelas SPATA.

Kolam renang berbentuk lingkaran juga dapat diaplikasikan di halaman rumah sempit, namun tetap menjadi elemen desain rumah yang bagus. Kolam renang lingkaran cocok di halaman belakang kecil dan sangat cocok untuk sudut.

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Taman yang Indah di Sekitar Kolam Renang

Berikut beberapa ide untuk menghadirkan kolam renang di halaman belakang rumah Anda.

1. Kolam renang panjang dan ramping

Jika rumah Anda memiliki halaman belakang kecil yang sempit, sebenarnya tidak bisa lebih mudah untuk menambahkan kolam renang. Penting untuk dipikirkan bahwa kolam renang, terutama di ruang yang lebih kecil tidak perlu disembunyikan, tidak terlihat.

Halaman:
Sumber Living Etc
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com