Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2022, 14:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKamar tidur yang berbau tidak sedap dapat membuat siapa pun yang berada di dalamnya merasa tak nyaman dan desak karena menahan diri untuk tidak menghirup bau udara tersebut. 

Untungnya, mengatasi masalah tersebut cukup mudah. Anda dapat menggunakan pengharum ruangan alami.

Dilansir dari Taste of Home, Jumat (21/10/2022), berikut beberapa pengharum kamar tidur berbahan alami yang bisa digunakan.

Baca juga: Usir Bau, Ini Cara Membuat Pewangi untuk Kulkas dari Minyak Esensial

Minyak esensial

Ilustrasi minyak esensial patchouli. SHUTTERSTOCK/AMYLV Ilustrasi minyak esensial patchouli.

Minyak esensial adalah pewangi alami. Kamu dapat menggunakannya sebagai isi diffuser untuk mengharumkan seisi ruangan atau beberapa titik tertentu.

Jika tidak punya diffuser, jepit pengharum ruangan pada kipas angin. Dengan begitu, aroma dari diffuser dapat menyebar ke kamar tidur. Baca juga: 7 Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami, Aromanya Sesuai Selera

Baking soda

Baking soda dapat dimanfaatkan untuk mengusir bau dan mengharumkan ruangan. Caranya, menggabungkan satu sendok makan baking soda dan air ke dalam botol semprotan kecil untuk digunakan sebagai semprotan pengharum kamar tidur.

Mereka tidak memiliki wangi seperti parfum, semprotan baking soda ini mampu menyerap bau yang tidak diinginkan dan menghilangkannya sepenuhnya.

Kopi

Kopi tidak hanya dapat dikonsumsi, tapi juga digunakan sebagai penyegar udara alami buatan sendiri.

Caranya, letakkan mangkuk berisi kopi yang baru digiling di beberapa titik strategis di kamar tidur agar aromanya lebih cepat menyebar ke seluruh ruangan.

Baca juga: Tips Membuat Pewangi Ruangan dari Lemon, Garam, dan Minyak Essensial

Tanaman

Ilustrasi lavenderUnsplash/Joyce Toh Ilustrasi lavender
Menghadirkan bunga segar di setiap ruangan, salah satunya kamar tidur, tentu dapat menambah aroma menyenangkan di rumah.

Namun, karangan bunga bisa berharga mahal, Sebagai pilihan yang lebih hemat biaya, hadirkan beberapa tanaman yang memiliki aroma harum seperti melati atau lavender.

Sebelum menggunakan tanaman sebagai pengharum kamar tidur, pastikan kondisi ruangan sesuai dengan kebutuhan tanaman agar bisa tumbuh subur.

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Pengharum Kamar Mandi Sendiri

Lilin aroma

Selain bertujuan memberi pencahayaan ekstra, lilin beraroma dapat mengurangi bau di kamar tidur.

Namun, supaya lebih sehat, carilah lilin alami yang terbuat dari lilin lebah, kelapa, atau kedelai, dan diberi wewangian dari minyak esensial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com