Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Tak Boleh Meletakkan Kulkas di Samping Mesin Pencuci Piring

Kompas.com - 21/10/2022, 13:34 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu aturan meletakkan kulkas di dapur adalah tidak boleh berada tepat di dekat sumber panas.

Sebab, sumber panas berpotensi memperpendek usia fungsional kulkas. Paparan panas secara konstan  juga membuat kulkas harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu internal.

Baca juga: Kenali, Ini 8 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi

Ada beberapa sumber panas yang sebaiknya dijauhkan dari kulkas, yakni oven dan sinar matahari langsung dari jendela.

Lantas, bagaimana mesin pencuci piring? Apakah boleh meletakkan kulkas di samping mesin pencuci piring?

Dilansir dari Construction Inspection Tips, Jumat (21/10/2022), ternyata kulkas tidak boleh diletakkan di sebelah mesin pencuci piring.

Baca juga: Bolehkah Memindahkan Kulkas dengan Cara Dibaringkan?

Sebab, panas dari mesin pencuci piring bisa membuat kulkas bekerja lebih keras dan berpotensi memperpendek usia pemakaian.

Mesin pencuci piring tidak akan terlalu terpengaruh dengan posisi ini, tetapi kulkas bisa menderita dari penurunan efisiensi. 

Karena itu, terlepas dari ukuran dapur, pastikan keduanya tidak diletakkan bersebelahan. Lebih lanjut, berikut beberapa alasan kulkas tidak boleh diletakkan di samping mesin pencuci piring. 

Baca juga: 5 Hal yang Boleh dan Harus Dihindari Saat Menyimpan Makanan ke Kulkas

Peningkatan pemakaian listrik

Ilustrasi kulkas atau lemari es, pintu kulkas. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kulkas atau lemari es, pintu kulkas.

Mesin pencuci piring cenderung mengeluarkan panas saat dijalankan. Jika diletakkan di samping kulkas, kulkas harus bekerja lebih keras agar tetap dingin, yang akhirnya membuat tagihan listrik meningkat.

Kulkas harus selalu diletakkan di area berventilasi baik agar bisa mendingin dengan baik. Mesin pencuci piring yang menghalangi ventilasi kulkas membuat peralatan elektronik tersebut tidak berfungsi secara efisien.

Fungsionalitas memburuk

Meletakkan mesin pencuci piring di samping kulkas membuat kulkas lebih sulit menjaga makanan dan minuman tetap dingin karena  terpapar panas yang konstan.

Baca juga: 7 Trik Menggunakan Mesin Pencuci Piring agar Lebih Efektif

Usia pemakaian berkurang

Selain peningkatan konsumsi listrik, kulkas yang diletakkan di samping mesin pencuci piring dapat memperpendek usia pemakaian.

Panas ekstra dari mesin pencuci piring dapat menyebabkan masalah dengan kompresor dan komponen internal lainnya di kulkas. Lebih lanjut, ada beberapa hal yang tidak cocok untuk kulkas, yakni cairan, panas, dan kelembapan.

Kotoran mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNER Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.

Saat mesin pencuci piring berada di dekat kulkas, mesin tersebut dapat mengeluarkan air kotor dan partikel makanan ke kulkas. Tentu ini dapat menciptakan lingkungan tidak sehat dan pertumbuhan bakteri.

Baca juga: Cuka Putih Wajib Ditambahkan ke Dalam Mesin Pencuci Piring, Mengapa?

Polusi suara

Beberapa mesin pencuci piring mengeluarkan suara sangat keras saat menjalankan siklus pencucian. Begitu pun dengan kulkas.

Artinya, ketika kedua peralatan elektronik dapur ini diletakkan bersebelahan, dapat menghasilkan kebisingan yang sangat luar biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com