Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Anjing German Shepherd, Cerdas dan Bantu Tugas Polisi

Kompas.com - 21/08/2022, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - German shepherd adalah salah satu dari 10 ras anjing populer dan favorit di dunia selama beberapa dekade. 

Faktanya, German shepherd yang dikenal kuat ini menjadi ras anjing paling populer nomor dua di Amerika Serikat (AS) selama 10 tahun terakhir. German shepherd umumnya dianggap sebagai anjing pekerja serbaguna terbaik dari semua ras. 

Baca juga: 14 Alasan Kamu Harus Memelihara Anjing German Shepherd

Anjing yang termasuk salah satu ras anjing paling galak di dunia ini dicirikan oleh bulu berwarna coklat dan hitam, bertubuh atletis, cerdas, gesit, berenergi tinggi, setia, dan memiliki keberanian tak tertandingi. 

Sama dengan ras anjing lainnya, German shepherd memiliki sejumlah fakta menarik yang membuat kagum. 

Nah, dilansir dari American Kennel Club (AKC) dan Embrace Pet Insurance. Minggu (21/8/2022), berikut beberapa fakta menarik anjing German shepherd

Baca juga: 10 Ras Anjing Penjaga Terbaik, Tidak Hanya German Shepherd 

Memiliki indera penciuman sangat kuat 

Ilustrasi anjing German shepherd PIXABAY/AnjaGh Ilustrasi anjing German shepherd
Semua ras anjing memiliki indera penciuman yang lebih baik daripada manusia, yakni 10 ribu hingga 100 ribu kali, karena memiliki jutaan lebih banyak reseptor aroma.

Namun, dibanding ras anjing lainnya, German shepherd berada di peringkat teratas dalam kemampuan penciuman. Anjing German shepherd mampu mengendus sangat teliti di mana-mana seperti dinding, pintu, jendela, serta banyak lagi.

Tak heran, German shepherd banyak dijadikan anjing polisi dan pendeteksi yang hebat untuk membantu tugas kepolisian atau hukum seperti mengendus bom dan narkoba, pelacakan, serta pencarian dan penyelamatan korban bencana. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Ini Penampilan dan Sifatnya Mirip German Shepherd

German shepherd sangat cerdas

Selanjutnya, fakta menarik German shepherd adalah dikenal sebagai anjing cerdas dan cepat mempelajari perilaku baru hanya dalam beberapa pengulangan.

Selain itu, German shepherd memiliki keinginan legendaris untuk bekerja sama dengan manusia. Tak heran, ras anjing ini unggul dalam banyak kegiatan dan merupakan pesaing utama untuk anjing ketaatan. 

Karena merupakan salah satu ras ras anjing paling cerdas, pastikan memberikan pelatihan secara konsisten kepada German shepherd.

Gunakan metode berbasis penguatan positif, sediakan banyak mainan yang merangsang mental, serta mainkan permainan yang menantang otak. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Paling Pintar, German Shepherd hingga Pudel  

Melindungi orang yang dicintainya

Ilustrasi anjing German shepherd PIXABAY/Kamracik Ilustrasi anjing German shepherd
Anjing German shepherd dikenal tidak takut, percaya diri, tegas mempertahankan pendiriannya, dan cocok menjadi anjing penjaga untuk situasi apa pun.

Fakta menarik anjing German shepherd lainnya adalah bisa menyendiri dengan orang asing, tapi tidak bermusuhan. Namun, memelihara anjing German shepherd memiliki tanggung jawab besar.

Salah satunya berkomitmen menghabiskan waktu bersosialisasi dan melatih sahabat bulu untuk memastikannya merasa nyaman di sekitar orang asing serta anjing lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com