Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bunga Pengusir Nyamuk, Bisa Ditanam di Taman dan Ruangan

Kompas.com - 20/08/2022, 14:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman tidak hanya mempercantik halaman rumah maupun ruangan dengan penampilannya. Beberapa tanaman juga memiliki kemampuan untuk mengusir serangga.

Dikutip dari Garden Design, Sabtu (20/8/2022), sebagian besar tanaman pengusir serangga bekerja dengan wewangian alami mereka, yang mengusir nyamuk yang mengganggu dan memperkenalkan aroma yang indah di seluruh taman.

Jika Anda tidak ingin menggunakan semprotan serangga kimia, Anda dapat menanam beberapa tanaman bunga berikut ini untuk membantu mengusir nyamuk secara alami.

Baca juga: Simak, 4 Warna Cat Pengusir Nyamuk di Rumah

Tanam tanaman ini di area yang akan sering dikunjungi tamu seperti area tempat duduk atau pintu masuk.

Ilustrasi lavender, ilustrasi tanaman bunga lavender. Shutterstock/Annie Shropshire Ilustrasi lavender, ilustrasi tanaman bunga lavender.

1. Lavender

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa serangga atau bahkan kelinci dan hewan lain tidak pernah merusak tanaman lavender? Itu karena aromanya yang harum, yang berasal dari minyak esensial yang ditemukan di daun tanaman.

Bahkan, disebutkan bahwa minyak lavender menghambat kemampuan nyamuk untuk mencium. Tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan, serta hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik.

Namun, meski dapat bertahan di banyak iklim, lavender tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Baca juga: Menurut Studi, Ini Warna yang Disukai dan Dibenci Nyamuk

2. Marigold

Marigold mengeluarkan bau yang menghalangi nyamuk. Tanam dalam pot dan letakkan di dekat teras atau pintu masuk ke rumah untuk mengusir serangga.

Menurut NYBG, mereka tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang, serangga squash, dan cacing tanduk tomat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com