Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2021, 07:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Newsweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing telah menjadi sahabat manusia selama ribuan tahun. Kehadiran membantu manusia berburu, memelihara ternak, dan bahkan membantu melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta luncur.

Selain itu, anjing juga digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, mulai dari menggembala hingga menjadi anjing pelacak yang membantu kepolisian.

Meskipun sebagian besar anjing pintar, kecerdasan mereka dapat terwujud dalam berbagai cara. Beberapa ras anjing dilatih untuk menyenangkan dan mengikuti setiap perintah manusia, sementara yang lain dibiakkan untuk mengendus dan menangkap hama.

Baca juga: Tanda Anjing Kepanasan dan Cara Mengatasinya

Dikutip dari Newsweek, Sabtu (19/6/2021), berikut beberapa ras anjing yang paling pintar menurut American Kennel Club.

1. German Shepherd

Anjing bertubuh besar ini cerdas dan membentuk ikatan erat dengan pemiliknya, menjadikannya hewan peliharaan yang luar biasa. German Shepherd adalah pekerja keras, bertugas di militer, membantu polisi, memandu tuna netra, dan menjaga rumah.

Namun, anjing ini membutuhkan banyak latihan, sehingga sosialisasi dan pelatihan awal adalah kunci untuk memastikan perilaku yang baik.

Ilustrasi anjing jenis Rottweiler. PIXABAY/ALEXAS_FOTOS Ilustrasi anjing jenis Rottweiler.

2. Rottweiler

Rottweiler memiliki tubuh besar dan berotot, serta memiliki naluri alami untuk melakukan tugas-tugas seperti menjaga dan menyelamatkan. Anjing-anjing ini mungkin tangguh, tetapi akan menjadi hewan peliharaan yang hebat jika dilatih dengan benar dan berolahraga selama beberapa jam sehari.

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Tidak Bisa Berenang

3. Labrador

Labrador adalah jenis anjing paling populer di Amerika Serikat, memikat orang dengan kecerdasan dan kesetiaannya.

Labrador dibiakkan untuk menemukan dan mengambil kembali buruan yang ditembak jatuh oleh pemburu. Mereka sangat terlatih dan sangat menyenangkan.

4. Golden Retriever

Simbol hewan peliharaan keluarga, Golden Retriever suka menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Anjing-anjing ini menyenangkan, terlatih, dan patuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com