Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2021, 08:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara anjing berarti harus pula cukup sering memberinya makanan yang mendukung kesehatannya. Namun demikian, ada makanan yang tidak boleh dimakan anjing, salah satunya cokelat.

Dilansir dari WebMD, Jumat (11/6/2021), makanan manis dapat menyebabkan penyakit dan bahkan kematian pada anjing. Dokter hewan mengatakan, cokelat dan makanan manis lainnya adalah salah satu penyebab paling umum anjing keracunan

Jika menurut Anda anjing mungkin sudah makan cokelat, terutama cokelat yang lebih gelap atau dark chocolate, segera hubungi dokter hewan.

Baca juga: Cara Menghindari Anjing yang Ingin Menggigit

"Mereka akan bertanya tentang ukuran anjing Anda, jenis cokelat apa yang mereka makan, dan berapa banyak. Mereka mungkin ingin Anda membuat anjing muntah atau hanya melihat perilaku mereka," kata Tina Wismer, dokter hewan dan direktur medis Pusat Pengendalian Racun Hewan di American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA).

Ada berbagai macam alasan mengapa anjing makan rumputUnsplash/Casey Calhoun Ada berbagai macam alasan mengapa anjing makan rumput

Biskuit atau cookies cokelat dapat menyebabkan masalah bagi anjing kecil, dan sekeping cokelat dapat menimbulkan masalah bagi anjing dewasa.

Apa dampak cokelat bila termakan oleh anjing?

Biasanya, anjing Anda akan muntah sendiri. Jika tidak, dokter hewan mungkin ingin Anda memberi mereka hidrogen peroksida untuk membuatnya muntah.

Beberapa pemilik hewan peliharaan menyuap anjing dengan selai kacang dalam mangkuk dan hidrogen peroksida di sekitar pinggirannya, katanya, mengingat anak anjing cenderung menjilat mangkuk mereka hingga bersih.

Baca juga: Cara Bantu Anjing Menyesuaikan Diri Setelah Pindah ke Rumah Baru

Setelah anjing muntah, jangan beri mereka makanan atau air.

"Jika Anda menduga anjing makan cokelat, jangan menunggu tanda peringatan. Ini bisa memakan waktu 6 sampai 12 jam untuk muncul," ujar Wismer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com