Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unilever Indonesia dan Shopee Dorong Konsumen Terapkan Eco Lifestyle

Kompas.com - 10/06/2021, 18:37 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Unilever dan Shopee telah membangun sebuah kemitraan yang bertujuan menciptakan rumah, komunitas, Indonesia, dan planet yang bersih.

Kedua perusahaan itu bertekad berbagi peran dalam mempromosikan perilaku ramah lingkungan atau eco lifestyle kepada konsumen Indonesia. 

Baca juga: Tips Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan ala Agni Pratistha

Riset dari Kantar menunjukkan bahwa jumlah konsumen di Indonesia yang lebih peduli terhadap produk ramah lingkungan meningkat 112 persen dari 2019 ke 2020.

Konsumen Indonesia juga kian menyadari pentingnya mempraktikkan gaya hidup ramah lingkungan.

Sebanyak 86 persen konsumen mulai mengadopsi kebiasaan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dan 74 persen memilih brand yang memiliki kepedulian sosial. 

Baca juga: Bangun Kepedulian Lingkungan dengan Pemilahan Sampah

Data ini menunjukkan semakin banyaknya konsumen yang mulai lebih teliti melihat bahan-bahan dan proses pembuatan sebuah produk.

Kolaborasi Unilever dan Shopee mengajak keterlibatan masyarakat untuk tidak lagi sekadar memiliki kepedulian terhadap lingkungan, tapi juga aktif melakukan aksi nyata dengan tindakan ramah lingkungan.

Kevin Stefano, Head of Homecare Ecommerce Unilever Indonesia, menjelaskan pihaknya melihat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kelestarian lingkungan mengalami peningkatan. 

Baca juga: Kini Hadir Semen Hidraulis, Solusi Konstruksi yang Ramah Lingkungan

Sayangnya, sering kali mereka tidak tahu bagaimana aksi sederhana bisa mendorong perubahan positif untuk lingkungan.

"Untuk itu, kami bermitra dengan Shopee melalui inisiatif Rumah Bersih, Indonesia Lestari untuk mengedukasi konsumen Indonesia agar semakin cerdas dan bijak," jelas Kevin dalam media virtual Kolaborasi Unilever dan Shopee bertajuk "Rumah Bersih, Indonesia Lestari" di Jakarta, Kamis (10/6/2021). 

Baca juga: 9 Kebiasaan Ini Sering Dianggap Ramah Lingkungan, Padahal Tidak

Menurut Kevin, ada empat hal yang perlu diperhatikan konsumen dalam memilih produk. Pertama, sumber bahan baku. Apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

Kedua, manfaat sosial. Apakah produknya memberikan manfaat sosial atau manfaat kepada masyarakat. Ketiga, lingkungan lestari. Apakah produknya memiliki upaya pelestarian lingkungan.

Keempat, purpose. Apakah produknya memiliki purpose atau tujuan mulia. 

Baca juga: Menanam Sendiri Sayuran di Rumah, Sehat, Hemat dan Menyenangkan

"Inisiatif ini sejalan dengan komitmen besar Unilever untuk menciptakan masa depan yang bersih dan lestari (clean future)," tutur Kevin.

Inisiatif Rumah Bersih, Indonesia Lestari akan dilakukan melalui platform Shopee dan kanal media sosial kedua brand ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com