Kompas.com - 09/06/2021, 11:00 WIB
Bulu anjing peliharaan bisa menempel di permukaan benda dan sulit dihilangkan, salah satunya di tempat tidur. UNSPLASH/BROOKE CAGLEBulu anjing peliharaan bisa menempel di permukaan benda dan sulit dihilangkan, salah satunya di tempat tidur.

 

JAKARTA, KOMPAS.com--Memboyong serta anjing ke rumah yang baru bukanlah hal sepele. Pemilik harus memberikan waktu untuk anjing bisa menyesuaikan diri dengan rumah barunya.

Ini akan memakan waktu berminggu-minggu atau mungkin berbulan-bulan, sebelum anjing benar-benar nyaman di lingkungan barunya.

Berikut adalah tips untuk membantu anjing menyesuaikan diri seperti dilansir dari Daily Paws, Rabu (9/6/2021).

1. Pertahankan rutinitas dan jadwal reguler

Ajak anjing berjalan-jalan dan bermain di halaman di waktu yang sama. Contohnya, jika kamu membawa anjing untuk berjalan-jalan jam 5 sore, lakukanlah hal ini dengan rutin di jam yang sama.

Jadwal makan untuk anjing juga harus tetap sama, dan lokasi kamu memberinya makan juga harus sama.

Misalnya, jika kamu selalu memberi makan anjing di dapur, maka lakukanlah hal yang sama di rumah bari dengan jam yang rutin.

Pilihan dan jenis makanan anjing juga sebaiknya tidak diubah.

Baca juga: Hidung Anjing Tiba-tiba Mengering, Apakah Dia Sedang Sakit?

2. Siapkan ruang

Ruang khusus untuk anjing harus menjadi hal pertama yang kamu siapkan di rumah baru. Jika anjing menyukai sofa ruang tamu lama atau menemukan tempat tidur cadangan sebagai tempat peristirahatan favorit mereka, buatlah skenario yang sama di rumah baru.

Tempatkan permadani, selimut, dan mainan yang sudah memilki bau anjing dari rumah lama ke ruangan baru, atau pojokan baru untuk mereka.

Selain itu, selalu izinkan anjing untuk memilih apakah mereka ingin terlibat dengan dunia di sekitar mereka atau tidak.

Ketika anjing merasa stres, seperti yang mereka lakukan saat bergerak, mereka membutuhkan banyak ruang dan tempat untuk menarik diri.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Daily Paws
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.