Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan Lebih Dekat dengan Anjing Pudel yang Menggemaskan

Kompas.com - 05/05/2021, 12:05 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Hills Pet

JAKARTA, KOMPAS.com—Pudel terkenal karena kecerdasan dan kepatuhannya saat dilatih. Anjing pudel sangat lincah, aktif, suka bermain-main serta sangat dekat dengan keluarga.

Pudel tersedia dalam tiga ukuran atau varietas yakni, standar dengan tinggi lebih dari 36 cm dengan berat 20 kg hingga 32 kg, miniatur dengan tinggi 25 cm atau 27 cm hingga 36 cm dan berat mulai 5kg hingga 9 kg dan jenis toy dengan tinggi kurang dari kurang dari 25 cm dengan berat 2 kg sampai 3 kg.

Semua pudel memiliki tubuh yang pendek, dengan leher yang panjang dan elegan, serta punggung yang lurus. Ekornya merapat, tapi tidak pendek, sehingga bisa melambai dengan riang.

Anjing pudel cenderung memiliki penampilan berkaki panjang dan moncong panjang yang dikombinasikan dengan telinga yang turun. Mereka bergerak dengan gaya berjalan yang menggemaskan dan lincah.

Baca juga: Daftar Sayuran yang Boleh Dimakan Oleh Anjing

Bulu pudel adalah mahkota kemuliaannya. Anjing yang berkompetisi di lomba-lomba kecantikan harus memiliki ciri khusus, dengan bulu lebat yang panjang yang biasanya bisa ditambahkan aksesoris berupa pita dan jepitan yang lucu.

Bulu tebal ini berkembang untuk suatu alasan yakni melindungi anjing dan memberikan lapisan tebal pada persendian dan dada untuk menjaga anjing tetap hangat saat berada di air dan udara yang dingin

Banyak pemilik yang memootng dan membentuk rambut anjing sedemikian rupa dan biasanya hanya meninggalkan rambut tebal di sekitar kepala dan ekor. Namun anjing pudel yang rambutnya dipotong harus dipelihara di dalam rumah dengan perlindungan yang memadai.

Beberapa pudel terlihat memiliki bulu ikal yang rapat membentuk pita panjang seperti rambut gimbal.

Bulu pudel harus rapat dan keriting kecuali disisir dengan teratur dan kuat. Pudel dikenal sebagai anjing yang baik untuk penderita alergi karena bulunya tidak rontok secara rutin.

Inilah sebabnya mengapa pudel perlu dipangkas atau sering dirawat karena bulunya bisa menyakitkan. Warna pudel yang umum terlihat adalah perak, hitam, putih, aprikot, dan cokelat. Warna merah muncul begitu juga dengan krem dan kebiruan.

Baca juga: Bisakah Memelihara Kucing dan Anjing Bersamaan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com