Kompas.com - 18/06/2021, 19:55 WIB
Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi membersihkan dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan dan melakukan perawatan rumah adalah tugas rutin yang dilakukan pemilik rumah. Selain membuat rumah bersih dan sehat, melakukan perawatan rumah dapat memberi kenyamanan dan keamanan pada rumah. 

Sayangnya, dalam melakukan perawatan rumah, banyak pemilik rumah yang masih mengikuti keyakinan di masyarakat meski hal tersebut jelas salah alias hanya mitos. 

Baca juga: 5 Tips Aman Mengemas TV saat Pindah Rumah

Nah, demi tidak terjebak pada hal yang salah, berikut ini mitos perawatan rumah yang tidak perlu diikuti dan dipercaya dilansir dari lamam Reader’s Digest, Jumat (18/6/2021).

Memotong sedikit rumput 

Jika memotong rumput bukanlah tugas perawatan rumah favorit, Anda mungkin tergoda untuk memotong rumput sampai pendek sehingga tidak perlu memotongnya terlalu sering.

Namun, The Lawn Institute melaporkan bahwa memotong rumput terlalu pendek menciptakan lingkungan untuk gulma dan infestasi penyakit. Ini juga menyebabkan rumput kehilangan kelembapan lebih cepat. 

Baca juga: 5 Mitos Mencuci Pakaian yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pilih ketinggian pemotongan yang sesuai untuk rumput di halaman Anda. Kemudian, atur tinggi bilah pemotong sehingga memotong tidak lebih dari sepertiga bagian atas rumput. Ini akan mendorong akar yang lebih kuat.” 

Hemat energi dengan mematikan AC saat tidak di rumah

Anda mungkin berpikir dapat menghemat energi dan biaya jika mematikan AC ketika meninggalkan rumah. Namun, ternyata ini bukan cara terbaik menghemat energi dan uang. 

“Masalahnya di sini adalah ketika kembali ke rumah dan menyalakan AC, unit AC harus bekerja lembur untuk mendinginkan rumah kembali, meniadakan penghematan energi yang Anda peroleh,” menurut Inspeksi Properti Nasional.

Baca juga: 4 Mitos Feng Shui yang Tak Perlu Dipercaya

Sebagai gantinya, sesuaikan dengan termostat Anda lima hingga sepuluh derajat lebih hangat saat meninggalkan rumah.

Talang air hanya perlu dibersihkan pada musim panas

Umumnya kebanyakan orang hanya membersihkan talang air saat musim panas atau kemarau. Jika Anda melakukannya demikian, coba pikirkan kembali.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X