Kompas.com - 18/06/2021, 18:30 WIB
Ketika sakit gigi, kucing akan lebih sering berliur Unsplash/Miron CristinaKetika sakit gigi, kucing akan lebih sering berliur

JAKARTA, KOMPAS.com - Manusia membutuhkan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Selain dari makanan, vitamin D bisa diperoleh dari paparan sinar matahari pagi.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk kucing peliharaan Anda. Meski beberapa kucing terlihat suka berjemur pada pagi hari, ternyata kucing tidak akan mendapat vitamin D. 

Baca juga: Benarkah Tanaman Catnip Memberi Efek Mabuk pada Kucing?

Dilansir dari Pets.thenest, Jumat (18/6/2021), berikut perbedaan manfaat vitamin D bagi manusia dan kucing.  

Vitamin D untuk manusia 

Vitamin D adalah vitamin yang meningkatkan penyerapan kalsium dan sangat penting untuk pertumbuhan tulang manusia. Manfaat vitamin D juga membantu sel untuk tumbuh, menjaga fungsi sistem kekebalan, dan mengurangi peradangan. 

Baca juga: Kucing Mau Kawin? Ini Cara Mengatasi Kucing Betina yang Sedang Berahi

Manusia bisa mendapatkan vitamin D dengan tiga cara, yakni paparan sinar ultraviolet dari matahari, makanan tertentu, dan suplemen makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari hal itu dapat menciptakan vitamin D melalui sintesis. Vitamin D tidak ditemukan secara alami di banyak sumber makanan.

Jadi, paparan sinar matahari atau suplementasi sering kali diperlukan. Sumber makanan vitamin D bisa diperoleh dari ikan berlemak seperti salmon, kuning telur, keju, dan produk susu lainnya yang diperkaya vitamin D.  

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Kucing Selalu Lapar

Paparan sinar matahari untuk kucing 

Di sisi lain, kucing tidak memproses vitamin D dengan cara yang sama seperti manusia karena bulu, kulit, dan tubuhnya tidak dirancang untuk mensintesis vitamin D.

Sebuah studi pada 1999 yang diterbitkan dalam The American Society for Nutritional Sciences mengamati vitamin D dan paparan sinar matahari pada anak kucing

Selama penelitian, anak-anak kucing mengonsumsi makanan bebas vitamin D, terkena sinar matahari langsung, dan terpapar lampu ultraviolet atau disimpan di dalam ruangan. 

Baca juga: Gejala dan Penyebab Infeksi Mata Pada Kucing

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X