Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing Imut yang Bisa Dipelihara di Apartemen

Kompas.com - 11/06/2021, 14:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan lahan bukan berarti tidak bisa memiliki atau memelihara anjing. Tentu, untuk memelihara anjing besar seperti Siberian husky dan German shepherd, diperlukan ruang cukup besar agar mereka leluasa berkeliaran atau berlarian.

Beruntung, ada banyak ras anjing kecil yang bisa dipeliharan di ruang terbatas seperti apartemen. Bahkan anjing-anjing ini lebih senang berada di ruang sempit. 

Baca juga: Bolehkah Anjing Makan Cokelat? Simak Penjelasannya Ini

Selain itu, ras anjing kecil ini juga dikenal ramah, pendiam atau jarang menggonggong, dan sopan sehingga tidak akan mengganggu penghuni apartemen lainnya.

Menurut American Kennel Club, beberapa ras anjing imut ini mudah beradaptasi dengan gaya hidup pemiliknya serta kehidupan kota yang apik.

Melansir dari Good House Keeping, Jumat (11/6/2021), berikut ini ras anjing kecil yang cocok dipelihara di apartemen. 

Baca juga: Anjing Juga Bisa Ketombean, Ini Penyebabnya

Bichon frise

Ilustrasi ras anjing Bichon friseUnsplash/Matt Briney Ilustrasi ras anjing Bichon frise
Bichon frise memiliki penampilan yang sangat menawan. Ras anjing kecil ini juga belajar dengan cepat dan mencintai hampir semua orang.

Dengan berat badan sekitar enam kilogram, Bichon frise tidak memakan banyak ruang di sofa serta dapat menjadi teman yang menyenangkan. 

Baca juga: Cara Menghindari Anjing yang Ingin Menggigit

French bulldog

Ilustrasi ras anjing French bulldogUnsplash/Dan Blackburn Ilustrasi ras anjing French bulldog
French bulldog menjadi ras anjing yang popularitasnya meroket baru-baru ini di kalangan milenium metropolitan. Namun, sesuai dengan namanya, ras anjing asal Prancis ini sudah sangat populer di Negara Mode itu sejak abad ke-18. 

French bulldog dikenal lincah dan bugar, tapi jarang menggonggong sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan penghuni apartemen lainnya. 

Baca juga: Cara Bantu Anjing Menyesuaikan Diri Setelah Pindah ke Rumah Baru

Akan tetapi, kamu perlu mengajak anjing ini berjalan cepat setiap hari untuk membuatnya tetap bugar. 

Havenese

Sama dengan nenek moyang mereka yang tinggal di ibu kota Kuba, anjing-anjing Havanese mampu unggul di pusat kota dan nyaman berada di dalam bantalan pelindung.

Havenese adalah pilihan tepat untuk sahabat baru di apartemen Anda. Anak anjing ini sangat lucu dan menggemaskan. Havenese hanya memiliki berat sekitar 4,5 kilogram serta bulu cukup panjang dan sangat halus sehingga membutuhkan perawatan lebih. 

Baca juga: Hidung Anjing Tiba-tiba Mengering, Apakah Dia Sedang Sakit?

Shih tzu

Ilustrasi ras anjing Shih tzuUnsplash/Nikolay Tchaouchev Ilustrasi ras anjing Shih tzu
Shih tzu awalnya dibesarkan dan tinggal di dalam istana Cina sehingga juga cocok untuk dipeliharaan di tempat yang tenang seperti apartemen.

Anjing imut ini dikenal penuh kasih sayang dan sangat baik dengan anak-anak serta anjing lainnya.

Biewer terrier

Ilustrasi ras anjing Biewer terrier Unsplash/Natalie Scott Ilustrasi ras anjing Biewer terrier
Biewer terrier sudah dikenal sejak tahun 80-an dan telah membangun reputasi baik, yakni memiliki kepribadian lebih lembut dan sikap lebih tenang daripada sepupunya, Yorkshire atau Yorkie. 

Baca juga: Penyebab Bulu Anjing Rontok dan Cara Menanganinya

Ras anjing kecil inibisa dipelihara di apartemen lantaran beratnya hanya sekitar 1,5-3,5 kilogram. Anda dapat menenteng anjing imut ini hanya dengan satu tangan. 

Boston terrier

Ilustrasi ras anjing Boston terrierUnsplash/Tanawadee Supraphakorn Ilustrasi ras anjing Boston terrier
Bila mencari anak anjing dengan bulu yang jauh lebih pendek, Boston terrier adalah pilihan tepat. Tak hanya itu, anjing imut ini juga dikenal lincah, lucu, dan menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com