Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beragam Alasan Induk Kucing Sering Memindahkan Anaknya yang Baru Lahir

Kompas.com - 11/06/2021, 12:55 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tingkah laku kucing yang sering membuat manusia bertanya-tanya, salah satunya induk kucing yang sering memindahkan anak kucing yang baru dilahirkannya.

Jika kamu memiliki kucing betina, khususnya kucing kampung, induk kucing sering memindahkan anaknya yang masih lemah ke berbagai tempat persembunyian. 

Baca juga: Gejala dan Penyebab Infeksi Mata Pada Kucing

Lantas, apa alasan atau penyebab induk kucing sering memindahkan anaknya?

Dikutip dari beberapa sumber, Jumat (11/6/2021), induk kucing yang kerap memindahkan anaknya dari satu tempat ke tempat lain adalah sebuah bentuk perlindungan agar anak kucing terhindar dari ancaman sehingga mencari tempat yang aman.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat induk kucing memindahkan anak-anaknya yang baru lahir ke tempat baru. Apa saja? Simak di bawah ini. 

Baca juga: 3 Penyebab Kucing Bersin, Apakah karena Flu? 

Tempat persembunyian mudah dijangkau manusia

Saat anak kucing disembunyikan di tempat yang mudah dijangkau atau terlihat manusia dan hewan lainnya, hal itu bisa mengganggu induk serta anak kucing.

Sebab itu, induk kucing akan segera memindahkan anaknya ke tempat persembunyian yang sulit dijangkau manusia dan hewan lainnya. 

Baca juga: 8 Tips agar Lebih Disukai Kucing

Saat merasa terancam

Ketika induk kucing melihat atau mendengar suara hewan lain di sekitar tempat persembunyian anaknya, induk kucing akan segera memindahkan anak-anaknya dari tempat itu. 

Terlalu jauh dari sumber makanan

Induk kucing yang baru saja melahirkan akan sering pergi mencari makan untuk memenuhi asupan yang diperlukan saat menyusui anak-anaknya. 

Baca juga: Kenali Ini Fase Pemberian Makan pada Anak Kucing yang Baru Lahir

Apabila tempat persembunyian itu terasa terlalu jauh dari sumber makanan, induk kucing  akan memindahkan anaknya.

Tempat persembunyian terang dan terbuka

Tempat persembunyian yang terang dan terbuka membuat induk kucing memilih memindahkan anak kucing ke tempat baru yang lebih gelap juga tertutup. 

Sebab, tempat yang terang dan terbuka bisa membuat anak kucing terganggu saat istirahat atau tidur. 

Baca juga: 5 Fakta Kucing Pallas, Hewan Berbulu dengan Ekspresi Menggemaskan

Tempat persembunyian bising

Kondisi tempat persembunyian yang bising turut mempengaruhi induk kucing memindahkan anaknya. Sang induk takut anak kucing akan terganggu, stres, serta sakit.

Suhu yang tidak stabil

Jika suhu di tempat persembunyian anak kucing tidak stabil, seperti terlalu panas maupun dingin, hal itu dapat membuat induk kucing memindahkan anaknya agar tidak sakit terkena paparan suhu panas maupun dingin. 

Baca juga: 7 Fakta Kucing Burma yang Lincah dan Menggemaskan

Tempat persembunyian terlalu kotor 

Saat tempat persembunyian induk kucing dan anaknya sudah terlalu lama ditinggali, tentu tempat itu menjadi kotor oleh kotoran anak-anak kucing.

Hal ini bisa menyebabkan induk kucing bisa merasa risih, tidak betah, dan takut anaknya terkena penyakit sehingga akan memindahkan anaknya ke tempat persembunyian yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com