Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Menarik Anjing Pudel, Si Kecil Berbulu Keriting yang Cerdas

Kompas.com - 14/08/2022, 19:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Pudel atau Poodle adalah salah satu anjing yang paling langsung dikenali dari semua ras anjing.

Anjing Pudel mudah dikenali dari tampilannya karena bulunya yang keriting serta memiliki penampilan yang bergaya, lucu, dan menggemaskan. 

Baca juga: Kenali, Ini 3 Jenis Anjing Pudel Utama di Dunia

Kebanyakan anjing Pudel betina sering kali didandani dengan cantik dan menggemaskan seperti bulunya diikat atau dikenakan jepitan rambut. 

Selain itu, anjing Pudel juga lincah, setia, termasuk ras anjing cerdas, mudah dilatih, ramah, serta mudah beradaptasi dengan rumah tangga mana pun, baik anak-anak maupun lansia. 

Sama dengan ras anjing lainnya, pudel kaya sejarah dan fakta menarik. Nah, berikut fakta menarik anjing Pudel dikutip dari American Kennel Club (AKC), Minggu (14/8/2022). 

Baca juga: 10 Ras Anjing Ini Mudah Dilatih, Pudel hingga Doberman

Pudel pertama kali berasal dari Jerman, bukan Prancis

Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Toy Poodle.SHUTTERSTOCK / studio hoto Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Toy Poodle.
Meski merupakan anjing nasional Prancis, Pudel sebenarnya berasal dari Jerman. Nama berkembang biak berasal dari kata Jerman, "pudel" atau "pudelin," yang berarti "mencipratkan air."

Faktanya, istilah "Poodle Prancis" adalah istilah yang salah. Di Prancis, rasa anjing ini disebut Caniche dari bahasa Prancis untuk "anjing bebek."

Pudel awalnya dibiakkan sebagai anjing pemburu 

Selanjutnya, fakta menarik anjing Pudel adalah bisa berburu. Pudel dinamai setelah memercikkan air karena anjing-anjing ini pada awalnya dibiakkan untuk memburu unggas air.

Tugas anjing Pudel adalah membawa bebek dan burung lain kembali ke tuannya. Pudel tidak kehilangan keterampilannya selama bertahun-tahun. Beberapa pemburu unggas air masih menggunakan pudel di lapangan sampai sekarang. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Paling Pintar, German Shepherd hingga Pudel 

Potongan bulu pudel dimaksudkan untuk fungsi, bukan mode

Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Standard Poodle.SHUTTERSTOCK / Jane Rowden Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Standard Poodle.
Banyak anjing Pudel yang memiliki bulu dengan potongan unik seperti kepulan atau bola bulu pada bagian tubuh tertentu seperti kaki dan kepala. 

Ini tampak seperti pernyataan mode anjing terbaik, tetapi potongan pudel tradisional benar-benar tentang fungsi, bukan mode.

Sebab, bulu yang lebih sedikit akan membuat anjing Pudel berenang dengan lebih efisien, tetapi lebih rentan terhadap air dingin.

Untuk mendapatkan posisi terbaik, pemilik Pudel menempatkan kepulan bulu di sekitar sendi dan tubuh bagian atas untuk melindungi sendi serta organ vital. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Akur dengan Kucing, Pudel hingga Pomeranian

Ada berbagai gaya bulu untuk Pudel 

Setiap potongan bulu Pudel memiliki aturan yang sangat spesifik tentang di mana embusan dan pompom rambut seharusnya dan berapa panjangnya.

Untuk bersaing sebagai anjing pertunjukan, pudel dewasa harus memiliki salah satu dari tiga tatanan rambut, yaknti Continental Clip, Modified Continental Clip, atau English Saddle.

Halaman:
Sumber akc.org
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com