Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Permasalahan Umum yang Sering Terjadi pada Kompor Gas, Apa Saja?

Kompas.com - 06/07/2022, 14:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor gas menjadi pilihan di rumah-rumah di Indonesia karena beberapa fiturnya. Kompor gas cocok bagi mereka yang menyukai kontrol suhu yang tepat dan panas instan.

Akan tetapi, ada beberapa masalah yang lazim terjadi pada kompor gas. Beberapa masalah kompor gas dapat diselesaikan dengan cepat, namun beberapa perlu bantuan profesional.

Dikutip dari Hunker, Rabu (6/7/2022), lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan saat memecahkan masalah, melakukan perawatan, atau memperbaiki kompor gas. Selalu serahkan perbaikan yang dapat menyebabkan kebocoran gas kepada ahlinya.

Baca juga: 6 Tips Keamanan Kompor dan Oven yang Harus Diketahui

Ilustrasi tungku kompor gas.SHUTTERSTOCK / V.Lawrence Ilustrasi tungku kompor gas.

Berikut beberapa permasalahan umum pada kompor gas yang kerap terjadi.

1. Permukaan tungku tidak menyala

Masalah kompor gas yang sangat umum adalah permukaan tungku yang tidak mau menyala. Ini bisa disebabkan oleh sumbatan atau penumpukan kotoran. 

Jika kompor berbunyi klik saat Anda mencoba menyalakannya tetapi tidak tercium bau gas, mungkin ada gangguan aliran gas.

Melepaskan tutup tungku atau burner serta membersihkan kompor gas untuk menghilangkan kotoran di bawahnya mungkin bisa membantu. Jika masih tidak berfungsi, Anda mungkin memerlukan teknisi perbaikan alat untuk mendiagnosis masalah.

Baca juga: Ingin Meletakkan Kompor dan Kulkas Bersebelahan? Perhatikan 3 Hal Ini

2. Api kompor lemah

Jika nyala api kompor gas tampak kurang mengesankan dari biasanya, masalahnya bisa jadi bukaan api tungku atau burner tersumbat. Api kompor gas lemah juga bisa disebabkan oleh terlalu sedikit gas atau terlalu sedikit udara yang masuk ke tungku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com