Kompas.com - 05/07/2022, 23:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendesain dapur, ada banyak hal yang harus dipikirkan selain estetika.

Dapur adalah salah satu ruangan terpenting di rumah. Desain dan tata letak yang buruk dapat menyebabkan masalah besar dalam hal memasak, menyiapkan makanan, dan tagihan listrik di rumah. 

Baca juga: 5 Kerusakan pada Kulkas yang Menyebabkan Konsumsi Listrik Meningkat

Hal yang sering ditanyakan banyak orang adalah amankah meletakkan kompor bersebelahan dengan kulkas?

Kulkas dan kompor adalah peralatan penting di dapur, tetapi menempatkannya berdampingan dapat menyebabkan beberapa masalah.

Namun, apabila ingin meletakkan kompor berdekatan dengan kulkas dengan aman dan efisien, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti dilansir Hunker, Selasa (5/7/2022). 

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kompor Kaca, Apa Saja? 

Pembatasan ruang

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur.
Dalam penataan, dapur akan ditata dalam segitiga kerja. Ini berarti wastafel, kulkas, dan kompor semuanya ditempatkan di dapur dalam tata letak segitiga dengan masing-masing alat mewakili satu titik segitiga.

Namun, bagi mereka yang tinggal di rumah atau apartemen yang lebih kecil, tata letak ini mungkin tidak layak. Mencoba memasukkan wastafel, kulkas, dan kompor ke dapur yang lebih kecil adalah prospek yang lebih sulit.

Sangat penting memiliki jarak antara tiga titik ini. Ini tidak hanya membuat memasak dan membersihkan dapur menjadi lebih mudah, tetapi juga untuk keamanan makanan dan tagihan energi.

Kulkas bekerja mendinginkan makanan, tetapi kompor bekerja dengan suhu yang panas. Jadi, menempatkan keduanya tepat di samping satu sama lain dapat menyebabkan masing-masing bekerja kurang efisien. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Kulkas Terbaik Menurut Para Ahli 

Pertimbangkan panas dan aliran udara

Sebagian besar kulkas yang berdiri sendiri membutuhkan ruang di sekitarnya agar berfungsi baik. Produsen Samsung merekomendasikan setidaknya lima sentimeter di semua sisi dan 10 sentimeter di atas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.