Kompas.com - 05/07/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Terlepas dari usianya, anak-anak juga membutuhkan karpet di kamar tidurnya.

Sebab, sebagian besar kegiatan bermain dilakukan di lantai, dari menyusun balok, mewarnai, hingga bermain puzzle. Ditambah, duduk di lantai jauh terasa lebih nyaman daripada duduk di kursi.

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Karpet Persia Asli Harganya Mahal

Selain membuat lantai terasa lebih nyaman, kehadiran karpet di kamar tidur anak dapat membuat ruangan menjadi lebih hangat.

Dikutip dari Rug Traders, Selasa (5/7/2022), ada sejumlah tips memilih karpet yang tepat untuk kamar tidur anak seperti berikut ini. 

Material

Ilustrasi kamar tidur anak, ilustrasi karpet di kamar tidur anak. SHUTTERSTOCK / bezikus Ilustrasi kamar tidur anak, ilustrasi karpet di kamar tidur anak.
Seperti disebutkan sebelumnya, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu bermain di lantai. Dengan memilih material karpet yang tepat, dapat membuat lantai terasa nyaman dan aman bagi sang buah hati.

Beberapa material yang dapat dipilih adalah kulit domba atau bulu. Kedua material ini sama-sama lembut, tahan lama, dan terlihat bergaya.

Baca juga: Panduan Memilih Ukuran dan Meletakkan Karpet Area di Kamar Tidur

Ketebalan

Ada berbagai jenis ketebalan pada karpet, dari empuk hingga keras atau tipis. Karpet yang empuk seperti wol atau bulu sangat cocok bagi anak-anak yang suka bermaian di lantai sambil tiduran atau membaca buku.

Sementara untuk karpet yang lebih keras dan rata seperti flatweave, material ini sangat ideal untuk anak-anak yang suka bermain mobil-mobilan atau menyusun balok di lantai. 

Baca juga: Feng Shui Bentuk dan Penempatan Karpet di Setiap Ruangan di Rumah

Ketahanan terhadap noda

Ilustrasi kamar tidur anak.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur anak.
Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak bisa membuat ruangan berantakan dan kotor. Jadi, sebaiknya memilih material karpet untuk kamar tidur anak yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda.

Karpet kulit domba sangat bagus karena seratnya secara alami tahan terhadap kotoran. Sedangkan karpet wol memiliki material paling tahan lama, tetapi mudah rusak oleh panas dan produk pembersih yang terlalu kuat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.