Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2022, 07:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu peralatan dapur yang sering digunakan adalah gunting dapur. Gunting dapur dapat digunakan untuk memotong sayuran hingga memotong daging.

Namun demikian, gunting dapur seringkali terabaikan petawatannya, sehingga kita kadang menemui gunting dapur tumpul. Salah satu tanda gunting dapur tumpul adalah Anda harus menekan saat menggunakannya untuk memotong.

Tentu saja, ketika gunting dapur tumpul, Anda harus mengasahnya agar digunakan kembali secara optimal. Dilansir The Spruce Eats, Sabtu (18/6/2022), berikut cara menajamkan gunting dapur yang tumpul.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Karat pada Gunting dan Pisau

Ilustrasi menggunakan gunting dapur untuk memotong daging. SHUTTERSTOCK/MULEVICH Ilustrasi menggunakan gunting dapur untuk memotong daging.

1. Mengasah gunting dapur

Mengasah gunting dapur jauh lebih mudah daripada mengasah pisau dapur. Jadi, bahkan jika Anda belum pernah mengasah pisau sebelumnya, Anda hampir pasti bisa mengasah gunting dapur sendiri.

Mengasah gunting lebih mudah daripada mengasah pisau dapur karena beberapa alasan.

Pertama, bevel pada gunting dapur jauh lebih lebar daripada pisau dapur, yang membuatnya lebih mudah untuk melihat sudut yang Anda butuhkan untuk memegang pisau.

Kedua, Anda tidak perlu khawatir mengasah pisau setelah mengasahnya seperti yang Anda lakukan dengan pisau dapur. Selain gunting itu sendiri, yang Anda butuhkan hanyalah batu asah, idealnya batu dengan sisi kasar dan sisi halus.

Baca juga: Cara Menajamkan Gunting Kuku yang Sudah Tumpul

Langkah pertama adalah membongkar gunting, sehingga Anda bisa mencapai ujung belakang bilah gunting (bagian yang paling dekat dengan pegangan) dan agar bilah lawannya tidak berayun di sekitar Anda dan berbahaya saat diasah.

Sebagian besar gunting dapur hanya perlu dicabut agar mudah dibersihkan. Beberapa mungkin memiliki mur atau sekrup yang perlu dilepas terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com