Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2022, 15:58 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPisau yang tajam dapat memudahkan dan menghemat waktu yang dibutuhkan selama proses memasak serta menyiapkan makanan.

Pisau yang tumpul tidaknya menghambat atau memperlambat proses memasak, tapi juga membuat bahan makanan dipotong memiliki bentuk berantakan. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Pisau dan Bloknya

Lebih dari itu, penulis buku masak dan pengembang resep makanan, Brian Theis, mengatakan pisau tumpul dapat membahayakan penggunanya.  

“Pisau dapat tergelincir dari apa yang kamu coba potong dan memotong tangan atau jarimu sebagai gantinya. Pisau tumpul pun dapat mengganggu produktivitas,” ujarnya seperti dikutip Taste of Home, Kamis (31/3/2022).

Untuk itu, pisau perlu tajam. Bila tidak tajam, Anda bisa mengasahnya. Theis menuturkan, cara terbaik dan benar menajamkan pisau adalah menggunakan batu asah berkualitas tinggi. 

Ia melanjutkan, pisau yang sering dipakai perlu ditajamkan beberapa kali setiap bulannya. Sementara itu, untuk pisau yang jarang digunakan, tajamkan setiap beberapa bulan.

Baca juga: Plus Minus Blok Pisau Dapur Kayu, Magnetik, dan Pelindung Plastik

Cara menggunakan batu asah

Ilustrasi pisau, ilustrasi mengasah pisau.SHUTTERSTOCK / Aof Snap Shot Ilustrasi pisau, ilustrasi mengasah pisau.

Batu asah dapat digunakan untuk menajamkan berbagai jenis pisau. Alat pengasah pisau ini pun hanya menghilangkan sedikit material pembuat pisau sehingga pisau dapat bertahan lebih lama.

Untuk menggunakan batu asah, rendam batu terlebih dulu sekitar satu jam serta pastikan semua permukaannya basah atau terkena air.

Baca juga: 3 Cara Sederhana Mengasah Pisau Dapur yang Tumpul

Perlu diketahui, beberapa batu asah memiliki alas bambu atau kayu. Namun, kamu dapat menaruhnya di atas handuk sebagai alas. 

Setelah satu jam berlalu, gunakan sarung tangan pelindung dan ambil pisau yang ingin diasah. Cengkram gagang pisau sekuat mungkin, lalu tarik atau gerakan pisau ke depan dan belakang secara perlahan di sepanjang batu asah dengan sudut kira-kira 20 derajat. Pertahankan tekanan selama mengasah pisau. 

Baca juga: Tips Mengasah dan Menjaga Pisau Tetap Tajam

Pisau seharusnya dapat berjalan dengan mulus saat kamu menariknya. Saat yang bersamaan, perhatikan air yang berlumpur atau keruh.

Air ini akan muncul selama kamu terus menggerakkan atau mengasah pisau di sepanjang batu asah. Saat cairan keruh terlihat, segera membuangnya. 

Setelah pisau kembali tajam, segera bilas dengan air bersih. Kemudian, uji seberapa mudahnya bilah pisau untuk memotong beberapa bahan makanan seperti tomat, apel, atau daging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com