Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2021, 11:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau merupakan perlengkapan memasak yang harus ada di area dapur, sebab fungsinya untuk memotong berbagai bahan makanan, dan membantu proses memasak.

Sama halnya dengan perlengkapan memasak lainnya, pisau juga harus dirawat dengan baik agar memiliki daya tahan yang lama serta cara kerja yang maksimal.

Namun, melansir dari Taste of Home, Rabu (21/7/2021), ada beberapa hal yang membuat pisau ini cepat rusak sehingga akan menghambat pekerjaan di area dapur, seperti berikut ini.

Baca juga: Cara Menajamkan Pisau untuk Memotong Daging Kurban

1. Meninggalkan pisau di wastafel

Sangat ceroboh untuk meninggalkan piring di wastafel, tetapi membiarkan pisau yang menumpuk dengan peralatan makan lainnya adalah hal yang lebih buruk.

Tidak hanya berbahaya bagi orang yang mencuci piring berikutnya, tetapi bilahnya juga bisa tergores, dan ujungnya bisa bengkok atau bahkan patah. Untuk itu, cuci pisau segera setelah digunakan. Jika Anda harus menunggu, tinggalkan di atas meja yang terlihat oleh Anda.

2. Mencuci tidak benar

Mesin pencuci piring adalah alat modern yang menghemat waktu. Tapi itu tidak boleh digunakan untuk mencuci pisau.

Pisau dapat tergores oleh peralatan lain selama siklus pencucian, bahan kimia dalam deterjen dapat menyebabkan lubang atau perubahan warna, dan siklus pengeringan panas tinggi bahkan dapat menyebabkan lengkungan.

Baca juga: Catat, Ini 4 Jenis Pisau yang Harus Ada di Dapur dan Cara Memilihnya

Untuk itu, cuci pisau dengan tangan dalam air panas, menggunakan spons lembut dan sabun cuci piring yang lembut segera setelah digunakan. Dan pastikan untuk mengeringkan pisau Anda dengan handuk bersih langsung setelah dicuci.

Sebab, kelembapan yang tertinggal pada pisau bisa memicu perkembangan jamur pada atau di sekitar pegangan dan bisa menyebabkan pisau berkarat.

3. Membiarkan pisau menjadi tumpul

Pisau yang tumpul sebenarnya bisa lebih berbahaya daripada yang tajam, karena lebih mudah tergelincir. Jika pisau meluncur di permukaan tomat atau bawang sebelum dipotong, Anda tahu sudah waktunya untuk diasah.

Rencanakan untuk mengasah pisau Anda setiap enam hingga 12 bulan, dan asah di antara waktu tersebut jika keadaan pisau memang sudah tumpul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com