Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Blok Pisau Dapur Kayu, Magnetik, dan Pelindung Plastik

Kompas.com - 09/03/2022, 07:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sering mengasahnya, salah satu cara terbaik merawat pisau adalah menyimpannya dengan benar.

Umumnya, orang meletakkan pisau ke dalam laci dapur bersama peralatan lainnya. Padahal, hal ini dapat menyebabkan pisau tumpul dan berpotensi pecah. 

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Pisau Cepat Tumpul

Cara lain menggunakan blok pisau kayu. Namun, apakah ini benar-benar cara terbaik menyimpan pisau?

Dilansir dari Real Simple, Rabu (9/3/2022), Chef Michael Garaghty, koki eksekutif internal untuk WÜSTHOF—salah satu brand pisau, menjelaskan pro-kontra dari tiga blok penyimpanan pisau yang populer, yakni blok pisau kayu, bilah pisau magnetik, dan pelindung pisau plastik. 

Baca juga: Cara Menajamkan Kembali Pisau Cukur yang Tumpul

Blok pisau kayu

Ilustrasu blok pisau kayu. Shutterstock/nadianb Ilustrasu blok pisau kayu.
Sebagian besar juru masak di rumah, tentu Anda memiliki blok pisau di meja dapur untuk menyimpan berbagai pisau.

"Preferensi penyimpanan saya di rumah adalah blok pisau, itu membuat pisau saya terorganisir dan mudah tersedia di meja dapur," kata Mike.

Untuk membersihkan blok pisau, Mike merekomendasikan merendam blok pisau dalam campuran 3,5 liter air hangat dan satu sendok makan pemutih rumah tangga sekitar dua menit, lalu biarkan mengering sepenuhnya di atas handuk kering yang bersih. 

Baca juga: 3 Cara Sederhana Mengasah Pisau Dapur yang Tumpul

Kelebihan: Blok pisau kayu dapat menampung seluruh set pisau, gunting, dan alat asah di satu tempat. Sangat mudah mengatur pisau karena masing-masing memiliki slot yang ditentukan dan dapat diambil dengan cepat.

Selain itu, blok pisau kayu juga terlihat menarik di konter dan dapat memamerkan koleksi pisau yang mengesankan.

Kekurangan: Bergantung pada model dan jumlah slot, blok pisau kayu adalah blok yang paling mahal dari tiga opsi penyimpanan.

Namun, blok pisau inidapat menampung bakteri jika tidak mencuci dan mengeringkan pisau dengan benar sebelum meletakkannya kembali. Jadi, jangan lupa mencuci pisau sebelum meletakkannya. 

Baca juga: Cara Merawat Pisau Dapur agar Tidak Mudah Rusak dan Tetap Tajam 

Bilah pisau magnetik

Ilustrasi pisau dapur, strip magnet pisauUnsplash/Nathan Dumlao Ilustrasi pisau dapur, strip magnet pisau
Ingin tampilan dapur gourmet di rumah" Pertimbangkan bilah pisau magnetik yang dapat menahan semua pisau pada sudut vertikal dan populer di kalangan profesional.

"Saat bekerja di dapur komersial, batang magnet adalah pilihan yang bagus untuk menjauhkan pisau saya dan dapat diakses dengan cepat untuk lingkungan yang bergerak lebih cepat," tambah Mike. 

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Pisau Cepat Tumpul

Kelebihan: Bilah pisau magnetik lebih baik untuk dapur kecil yang tidak memiliki banyak ruang. Sementara blok pisau memakan banyak ruang di meja, bilah pisau magnetik dapat dengan mudah dipasang pada dinding, area yang jarang digunakan.

Blok pisau magnetik juga menjadi cara menarik menampilkan pisau dapur dan memudahkan menemukannya.  

Kekurangan: Tidak seperti balok atau pelindung plastik, bilah pisau magnet membutuhkan sedikit DIY untuk memastikannya rata dan aman pada dinding. 

Baca juga: Cara Merawat Pisau Dapur agar Tidak Mudah Rusak dan Tetap Tajam 

Pelindung tepi pisau plastik 

Jika mencari cara murah menyimpan pisau di laci, pelindung tepi pisau plastik adalah pilihan terbaik. Ini juga menawarkan cara aman dan mudah saat mengangkat pisau karena mata pisau yang tajam benar-benar tersembunyi.

Kelebihan: Jika tidak memiliki banyak koleksi pisau, direkomendasikan menggunakan pelindung pisau plastik. Anda dapat membelinya satu per satu dari pisau pengupas terkecil hingga pisau kok,i. 

Kekurangan: Karena terbuat dari plastik, bukan logam atau kayu, pelindung pisau plastik adalah pilihan paling tidak ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com