Kompas.com - 29/01/2022, 16:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda senang memasak atau memiliki hobi memasak, penting untuk mempunyai satu set pisau dapur yang berkualitas baik. Selain itu, merawat pisau dapur juga penting agar tidak mudah rusak dan tetap tajam.

Namun demikian, bagaimana sebenarnya cara merawat pisau dapur yang benar?

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Sabtu (29/1/2022), ada beberapa cara merawat pisau dapur untuk menjaga kualitasnya tetap prima saat digunakan kalau memasak, antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Pisau Cepat Tumpul

Ilustrasi set pisau dapur. FREEPIK/AOPSAN Ilustrasi set pisau dapur.

Pertama, simpan pisau dapur secara terpisah dari peralatan memasak lainnya. Misalnya, Anda dapat menyimpan pisau dapur di baki atau balok yang memiliki pemisah atau separator.

Selain itu, jauhkan pisau dapur dari jangkauan anak-anak. Jika Anda menyimpan pisau dapur di laci peralatan makan, maka pisau akan lebih cepat tumpul.

Saat menggunakan pisau dapur, Anda perlu ketahui bahwa memotong pada permukaan yang keras akan menumpulkan mata pisau. Talenan kayu dan talenan plastik tidak akan menumpulkan mata pisau seperti kaca atau marmer.

Pun Anda disarankan untuk tidak mencuci pisau dapur di mesin pencuci piring, bahkan jika produsen mengatakan itu aman untuk dilakukan. Siklus mesin pencuci piring dapat menimbulkan korosi pada gagang dan bilah pisau.

Baca juga: Trik Merawat Pisau agar Tahan Lama

Di samping itu, beberapa program pencucian di mesin pencuci piring meninggalkan jeda di antara pembilasan, sehingga karat dapat berkembang.

Jangan rendam pisau di bagian bawah wastafel dapur atau bak cuci piring. Selalu keringkan pisau segera setelah dicuci untuk menghindari karat.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.