Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2021, 16:33 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Lifehacker

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengatakan bahwa menggunakan pisau tumpul lebih berbahaya daripada menggunakan pisau tajam.

Itu karena jika kamu bekerja dengan pisau yang tumpul, kemungkinan besar akan terpeleset dan membahayakan tanganmu atau benda di sekitar.

Dilansir dari Lifehacker, Rabu (11/8/2021), untuk mencegah pisau kehilangan ketajamannya dengan cepat, jangan pernah memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring.

Cuci dengan tangan dan segera keringkan. Simpan di blok pisau atau di laci khusus, dan tutupi mata pisau dengan pelindung.

Baca juga: 4 Cara Bersihkan Pisau Dapur Bekas Potong Daging Kurban

Setelah kamu merasakan mata pisaumu tidak lagi setajam biasanya, kamu memiliki beberapa opsi untuk mengasah.

Harap diperhatikan bahwa mengasah dan mempertajam itu berbeda, mengasah hanyalah meluruskan ujung mata pisau yang tajam, dan harus dilakukan secara teratur.

Sedangkan menajamkan melibatkan penggilingan logam, dan untuk itu kamu harus membawa pisau ke toko logam.

Jika kamu memiliki batu asahan dua sisi, pertama-tama rendam batu dalam air dan kemudian letakkan sisi kasar di atas tisu basah untuk stabilitas.

Pegang pisau pada sudut 15 derajat dengan tumit pisau di bagian belakang batu, dan geser dengan gerakan menyapu sampai ujung pisau mencapai ujung batu yang lain. Ulangi 4-5 kali, lalu ganti sisi pisau, balikkan batu, dan ulangi prosesnya.

Kamu juga bisa menggunakan baja asah dengan memegangnya tegak lurus dengan meja dengan tumit mata pisau di bagian atas baja.

Baca juga: Catat, Ini 4 Jenis Pisau yang Harus Ada di Dapur dan Cara Memilihnya

Geser pisau ke bawah hingga ujung pisau mencapai bagian bawah baja. Ulangi 4-5 kali, lalu ganti sisi.

Jika kamu tidak memiliki alat ini, kamu dapat menggunakan pinggiran keramik kasar di bagian bawah cangkir kopi. Geser bilah pisau dari tumit ke ujung di sepanjang tepi beberapa kali, lalu pindah sisi.

Selain itu gunakanlah jenis pisau sesuai fungsinya. Misalnya pisau untuk memotong buah, jangan sesekali digunakan untuk mengiris daging.

Hal ini bisa membuat mata pisau rusak, dan juga bakteri pada daging yang menempel di ujung gagang yang bisa saja tertransfer ke daging buah. 

Karena meski dicuci, beberapa bakteri di ujung pangkal, dekat gagang pisau, bisa saja tertinggal dan siap menyebarkan penyakit pada buah yang seharusnya sehat untuk dikonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Lifehacker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com