Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Lantai Kayu Cocok dan Aman untuk Kamar Mandi? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 31/03/2022, 09:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama berabad-abad lantai kayu di kamar mandi telah membentuk fondasi yang indah untuk setiap rumah di seluruh dunia.

Keanggunan abadi dan karakteristik alami kayu terus menjadikannya pilihan populer untuk ide kamar mandi. 

Baca juga: Hindari, 7 Hal Ini Dapat Merusak Lantai Kayu

Berbeda dari sebelumnya, ide lantai kamar mandi kayu telah muncul ke permukaan dengan teknologi modern serta sejumlah besar pola dan tekstur yang tidak tersedia di dunia desain interior sebelumnya. 

Namun, mengingat kamar mandi adalah area basah dan lembap, amankah mengaplikasikan lantai kayu di kamar mandi? 

Dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (31/3/2022), berikut sejumlah penjelasan mengenai penggunaan lantai kayu di kamar mandi. 

Baca juga: 7 Hal di Kamar Mandi yang Dapat Membahayakan Rumah dan Kesehatan 

Baguskah menggunakan lantai kayu di kamar mandi? 

Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi. Shutterstock/Beyond Time Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi.

Dalam upaya melembutkan tampilan kamar mandi, ide lantai kayu menjadi sesuatu yang menjadi favorit para desainer interior. 

"Lantai kayu di kamar mandi menambah kehangatan dan tekstur alami," jelas Nicola Harding, desainer interior dari Nicola Harding & Co.

Sementara itu, Menurut James Lentaigne, Direktur Kreatif Drummonds, menggunakan lantai kayu asli adalah cara bagus membawa kepribadian ke kamar mandi, membuatnya terasa seperti kamar "nyata", memberi nuansa lembut dan kaya. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Lantai Kayu Laminasi

Amankah menggunakan lantai kayu di kamar mandi? 

Fluktuasi suhu dan kelembapan di kamar mandi dapat membuat lantai kayu cenderung melengkung. Jadi, konsultasikan dengan produsen lantai kayu sebelum membeli.

Tidak semua perusahaan menyediakan produk yang direkomendasikan untuk penggunaan kamar mandi, sementara yang lain menawarkan opsi khusus.

"Kayu yang direkayasa lebih baik untuk pengaturan kamar mandi karena konstruksi dan toleransinya terhadap lingkungan yang berbeda," ucap Lisa Persse, Direktur Trunk Floor.

Berbeda dengan lantai kayu solid yang terbuat dari sepotong kayu, kayu rekayasa dibuat dengan lapisan kayu solid di atas lapisan lapis untuk hasil yang stabil serta kuat.

Kayu yang direkayasa juga sering digunakan dengan pemanas di bawah lantai. Minta rekomendasi dari produsen lantai kayu tentang ide kamar mandi dan lantai shower terbaik. 

Baca juga: 7 Tips Membuat Ruang Penyimpanan di Kamar Mandi Kecil 

Di mana harus menggunakan lantai kayu di kamar mandi? 

Ilustrasi kamar mandi, Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi. Shutterstock/Berg Dmitry Ilustrasi kamar mandi, Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi.
Victoria Gray, desainer interior dari Olivine Design, menjelaskan, memang harus lebih memperhatikan lantai kayu di kamar mandi karena air yang tertinggal pada permukaannya pada akhirnya akan menandai atau mengubah warna kayu dari waktu ke waktu. 

Untuk itu, hindari menggunakan lantai kayu di ruang basah di kamar mandi. Begitu juga hindari lantai kayu di kamar mandi keluarga yang digunakan anak kecil dan di tempat lain yang rentan terhadap banyak cipratan atau tempat handuk lembap yang cenderung menempel di lantai.

Nicola Harding menyarankan menggabungkan ubin lantai di area shower dengan lantai kayu di zona lain ruangan. “Permukaan yang saling melengkapi, tetapi kontras lembut di lantai dapat membuat ruangan mengalir dengan indah,” katanya. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Lantai Kayu 

Bagaimana cara mempertahankan lantai kayu di kamar mandi? 

Beberapa lantai kayu dilindungi dan disegel dengan minyak lilin keras dan diberi pemolesan akhir saat pemasangan.

“Kami juga menyediakan minyak perawatan, yang dapat diterapkan satu atau dua kali setahun sesuai dengan kebutuhan untuk memberi makan kayu dan meningkatkan hasil akhir dari waktu ke waktu,” Lisa menjelaskan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com