Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Warna Cat Terbaik untuk Masing-masing Ruangan Rumah Menurut Ahli

Kompas.com - 30/03/2022, 22:38 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengaplikasian cat di dinding merupakan sebuah cara untuk menghidupkan sebuah ruang.

Warna pada sebuah cat dapat menyampaikan kesan, gaya, dan memiliki pengaruh dalam membuat suasana maupun menerangi ruangan.

Jadi, untuk membantumu memilih corak yang sempurna, terdapat pilihan warna cat yang sesuai untuk masing-masing ruangan di rumah berdasarkan psikologi.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Terbaik untuk Pria

Dilansir dari The Spruce, Rabu (30/3/2022), berikut ini sembilan pilihan warna cat terbaik untuk masing-masing ruangan di rumah.

Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding warna biru, ilustrasi sandaran tempat tidur berbahan kulit.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding warna biru, ilustrasi sandaran tempat tidur berbahan kulit.
Warna cat terbaik untuk kamar tidur: biru tua (deep blue)

Sementara beberapa studi yang dikutip oleh Frontiers in Psychology mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang.

Dinding warna biru memberikan sebuah rasa ketenangan dan perasaan protektif, sehingga membuatnya sangat ideal untuk kamar tidur utama, menurut arsitek New York City, John Mochelle.

Lihat untuk memadukan nuansa biru yang berani dengan nada yang lebih terang untuk menyeimbangkan tampilan, seperti midnight blue dengan biru langit.

Warna cat terbaik untuk ruang sibuk: merah muda terang (light pink)

Ada banyak bukti bahwa warna pink itu menenangkan dan tenteram. Misalnya, selama 40 tahun terakhir, penggunaan warna pink di sebuah pusat penahanan telah membuat narapidana tenang.

Baca juga: 8 Pilihan Warna Cat Ruang Tamu yang Sejuk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com