Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Ukuran Gorden yang Tepat Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 30/03/2022, 20:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terlihat mudah, memilih gorden di dalam ruangan menjadi hal cukup menyulitkan. Selain warna, ukuran, pengaplikasian, tekstur, motif, serta jenis kain juga penting diperhatikan.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (30/3/2022), memilih panjang gorden yang tepat adalah kunci memastikan ruangan terlihat lebih besar dan lapang.

Nah, berikut beberapa tips memilih ukuran gorden yang tepat menurut beberapa ahli desain interior. 

Baca juga: 3 Trik Membuat Gorden Murah Jadi Tampak Mewah dan Mahal 

Periksa ketinggian plafon 

Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi tirai.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi tirai.
Saat memilih gorden, ukuran atau panjang gorden menjadi hal penting.

Rosanna Bassford, desainer interior, mengatakan jika plafon ruangan setinggi dua meter, Anda harus memilih gorden dengan panjang dua meter dan menggantungnya beberapa sentimeter pada bagian atas kusen jendela dan usahakan menyentuh lantai

Baca juga: 5 Tips Memilih Tirai untuk Setiap Ruangan di Rumah  

Putuskan seberapa dekat gorden dengan lantai

Bassford menyebutkan gorden yang mencapai lantai menjadi cara tepat, tetapi ada beberapa cara berbeda yang bisa dilakukan.

Menurut desainer Cortney McClure, aturannya adalah selalu membuat gorden menyentuh lantai atau tepat di atasnya. 

Jason Miller, konsultan desain di Stoneside Blinds and Shades, mengatakan gorden yang menyentuh lantai adalah pilihan sangat ideal untuk tampilan yang lebih elegan dan mewah, terlebih bila menginginkan tampilan tersebut.

Cari tahu hasil mana yang paling menarik bagi Anda, lalu beli gorden dengan panjang yang sesuai berdasarkan preferensi Anda. 

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tirai, Apa Saja? 

Titik fokus 

Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tirai di kamar tidur.Unsplash/Collov Home Design Ilustrasi kamar tidur, ilustrasi tirai di kamar tidur.
Jika ingin menambahkan nuansa lebih nyaman di dalam ruangan, desainer Allison Knizek menyarankan menggunakan gorden ukuran ekstra.

Knizek merekomendasikan menggunakan gorden ringan yang memiliki ukuran ekstra agar menjadi titik fokus di dalam ruangan.

"Ini membutuhkan beberapa jahitan vertikal sehingga perhatian harus diberikan pada pencocokan pola gorden tersebut," Knizek memperingatkan. 

Baca juga: 5 Aturan yang Harus Diketahui Sebelum Menggantung Gorden 

Gorden tidak selalu panjang 

Menurut desainer Annie Elliott, tirai panjang tidak selalu menjadi jawaban. "Saya biasanya menggunakan gorden pendek hanya di kamar tidur, tetapi itu adalah pilihan jika Anda juga memiliki benda di bawah gorden," jelasnya.

Elliott menyarankan gorden harus sampai tepat ke ambang jendela atau harus benar-benar menutupi potongan kayu di bawah ambang jendela. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com