Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Ruangan Sempit? Sebaiknya Gunakan Jenis Gorden Ini

Kompas.com - 17/03/2021, 07:59 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menjadi penghalang sinar matahari dan memberikan privasi, namun menggunakan tirai atau gorden dapat memberikan nuansa yang berbeda di dalam ruangan.

Gorden termasuk menjadi elemen dekoratif di dalam ruangan karena dapat memberikan sentuhan warna yang berbeda setiap pemakaiannya.

Namun, pemilihan jenis gorden yang salah akan membuat ruangan kecil khususnya menjadi lebih kecil dan sesak.

Baca juga: Ketahui, Cara Mencuci Gorden dengan Baik dan Benar

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (17/3/2021), tergantung dari pemilihan jenis gordennya, ruangan dapat terkesan menjadi lebih luas dan bergaya. Lantas, bagaimana pemilihannya? Simak ulasannya berikut ini.

Panel Klasik

Gorden panel klasik membuat ruangan terlihat lebih luas saat Anda memasang batang gorden di dekat langit-langit daripada di bingkai jendela. Panel tipis setinggi lantai menarik mata ke atas di sepanjang gorden, menciptakan ilusi ketinggian.

Gantung gorden sekitar 4 inci di atas bingkai jendela di kamar dengan cetakan langit-langit dan hingga 6 inci di ruangan.

Gorden Vertikal

Gorden tipis dan ringan dengan garis-garis vertikal dapat menambah tinggi pada ruang kecil. Pola atau kotak-kotak yang diredam pada kain ringan dengan garis-garis vertikal tebal atau tirai tenunan terbuka dengan desain vertikal yang ditenun menambah tekstur dan kelembaban. 

Baca juga: Supaya Tidak Salah, Ini Cara Memilih dan Menggantung Gorden

Hindari pola horizontal yang sangat berwarna atau motif bunga besar, yang cenderung mendominasi ruangan, menciptakan kesan ruang yang lebih sempit.

Pilihlah dengan warna yang sama atau warna yang sedikit lebih terang dari dinding untuk memberikan konsistensi. Tirai tebal berwarna gelap memenuhi ruangan, membuatnya terlihat lebih kecil.

Batang Gorden

Batang gorden solid yang bisa disesuaikan atau panjang membantu menciptakan ilusi luas.

Membuka batang gorden dekoratif hingga lebar maksimumnya dan memasangnya ke dinding dekat langit-langit memungkinkan Anda untuk membuka gorden sepenuhnya, membingkai jendela dan furnitur apa pun yang ditempatkan di depannya, yang membuat jendela terlihat lebih besar dan memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com