Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supaya Tidak Salah, Ini Cara Memilih dan Menggantung Gorden

Kompas.com - 11/02/2021, 19:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tirai adalah salah satu item rumah yang penting. Selain menjadi aksesori, tirai atau gorden dapat memberikan keteduhan, privasi, dan membantu mendapatkan tidur nyenyak serta memberikan efek rapi dan cantik jendela rumah.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (11/2/2021), untuk mendapatkan tirai yang sesuai dengan ruangan, hindari memasang gorden terlalu tinggi atau terlalu rendah dan menggunakan gorden yang terlalu kecil untuk ruangan.

Sebelum Anda mulai menggantung gorden, pastikan panelnya cukup lebar untuk menutupi jendela rumah.

 

Baca juga: Gorden Macet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebab, panel yang tidak sesuai tidak akan sempurna menutupi sinar matahari yang masuk. Jadi, ukurlah ukuran jendela Anda sebelum membeli atau membuat gorden.

Sesuaikan ukuran

Memilih panjang gorden yang tepat untuk jendela juga penting. Selain terlihat aneh, gorden yang terlalu kecil secara visual akan memperpendek ruang Anda, membuat langit-langit tampak lebih rendah dan ruangan secara keseluruhan lebih kecil.

Namun, gorden yang menyeret lantai dapat menimbulkan bahaya tersandung dan lebih mudah mengumpulkan debu.

Untuk solusi yang ideal, gorden harus melayang tepat di atas lantai. Untuk menemukan panjang tirai yang tepat, ukur dari lantai ke tempat Anda akan menggantung batang biasanya ukuran yang tepat yakni 10 hingga 15 cm di atas bingkai jendela.

Baca juga: Simak, Cara Memilih Gorden untuk Rumah Kecil

Tirai memiliki panjang yang sama seperti 1,3, 2,1, dan 2,4 meter. Pilih satu yang paling dekat dengan ukuran jendela Anda.

Selain itu, pastikan untuk memilih batang gorden yang lebih lebar dari jendela Anda. Hal ini memungkinkan tirai dapat ditarik sepenuhnya ke samping jendela dan memberikan tampilan ruang yang lebih besar.

Batang itu sendiri harus lebih panjang 20 sampai 30 cm dari lebar jendela. Lantas, bagaimana menggantung gorden agar tampilannya cantik di dalam ruangan? Simak ulasannya di sini.

Tentukan tinggi batang gorden

Sangat penting untuk memasang batang gorden di tempat yang tepat, atau gorden Anda yang panjangnya sempurna mungkin tidak menggantung dengan benar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com