Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Supaya Tidak Salah, Ini Cara Memilih dan Menggantung Gorden

JAKARTA, KOMPAS.com - Tirai adalah salah satu item rumah yang penting. Selain menjadi aksesori, tirai atau gorden dapat memberikan keteduhan, privasi, dan membantu mendapatkan tidur nyenyak serta memberikan efek rapi dan cantik jendela rumah.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (11/2/2021), untuk mendapatkan tirai yang sesuai dengan ruangan, hindari memasang gorden terlalu tinggi atau terlalu rendah dan menggunakan gorden yang terlalu kecil untuk ruangan.

Sebelum Anda mulai menggantung gorden, pastikan panelnya cukup lebar untuk menutupi jendela rumah.

Sebab, panel yang tidak sesuai tidak akan sempurna menutupi sinar matahari yang masuk. Jadi, ukurlah ukuran jendela Anda sebelum membeli atau membuat gorden.

Sesuaikan ukuran

Memilih panjang gorden yang tepat untuk jendela juga penting. Selain terlihat aneh, gorden yang terlalu kecil secara visual akan memperpendek ruang Anda, membuat langit-langit tampak lebih rendah dan ruangan secara keseluruhan lebih kecil.

Namun, gorden yang menyeret lantai dapat menimbulkan bahaya tersandung dan lebih mudah mengumpulkan debu.

Untuk solusi yang ideal, gorden harus melayang tepat di atas lantai. Untuk menemukan panjang tirai yang tepat, ukur dari lantai ke tempat Anda akan menggantung batang biasanya ukuran yang tepat yakni 10 hingga 15 cm di atas bingkai jendela.

Tirai memiliki panjang yang sama seperti 1,3, 2,1, dan 2,4 meter. Pilih satu yang paling dekat dengan ukuran jendela Anda.

Selain itu, pastikan untuk memilih batang gorden yang lebih lebar dari jendela Anda. Hal ini memungkinkan tirai dapat ditarik sepenuhnya ke samping jendela dan memberikan tampilan ruang yang lebih besar.

Batang itu sendiri harus lebih panjang 20 sampai 30 cm dari lebar jendela. Lantas, bagaimana menggantung gorden agar tampilannya cantik di dalam ruangan? Simak ulasannya di sini.

Tentukan tinggi batang gorden

Sangat penting untuk memasang batang gorden di tempat yang tepat, atau gorden Anda yang panjangnya sempurna mungkin tidak menggantung dengan benar.


Batang yang diletakkan terlalu dekat dengan jendela dapat membuat ruang tampak lebih kecil dari yang sebenarnya.

Ukur kedalaman cetakan jendela Anda untuk menentukan ukuran yang ideal untuk braket tirai. Jika terlalu dangkal, gorden Anda tidak akan menggantung dengan benar.

Dengan menggunakan pensil dan pita pengukur, tandai posisi yang diinginkan dari braket gorden sehingga batangnya berada sekitar 10 hingga 15 cm di atas bingkai jendela Anda, pastikan gorden akan sedikit menyentuh lantai atau melayang tepat di atasnya.

Braket gorden harus ditempatkan sekitar 6 inci dari tepi luar bingkai jendela untuk memungkinkan banyak cahaya alami.

Pasang batang gorden dan gantung gorden

Setelah Anda menentukan penempatan yang tepat, gantung gorden tersebut. Gunakan obeng untuk memasang braket gorden, pastikan sisi-sisinya sama rata.

Untuk gorden atau batang yang sangat tebal, Anda mungkin ingin memasang jangkar dinding untuk memasang braket dengan aman ke dinding.

Tempatkan gorden di batang. Jika gorden Anda memiliki lubang mata yang besar, masukkan batang melalui lubangnya.

Jika tidak, pasang panel ke batang dengan cincin atau klip gorden. Kemudian pasang batang ke dalam braket untuk menggantung tirai.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/11/193400976/supaya-tidak-salah-ini-cara-memilih-dan-menggantung-gorden

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke