Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2021, 17:31 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area yang sering digunakan setiap harinya, membuat area ini harus tetap bersih dan segar agar bisa berkegiatan dengan nyaman di dapur. Untuk mendapatkan dapur yang bersih dan nyaman, membersihkan secara berkala merupakan solusinya.

Dilansir dari Homes to Love, Kamis (11/2/2021), dengan membersihkan meja dan rak dapur secara teratur akan memberi Anda lebih banyak ruang penyimpanan, bahan-bahan yang lebih segar untuk dimasak, dan menangkal ngengat dapur yang ditakuti.

Kuncinya adalah tega membuang bahan makanan yang memang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapur pun bersih.

 

Baca juga: Punya Rak Terbuka di Dapur? Berikut Cara Menatanya dengan Benar

Lantas, apa saja yang harus disingkirkan di meja serta rak dapur? Simak ulasannya di sini.

Bumbu yang sudah lama

Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa bumbu racik dan bahan lainnya karena mereka akan kehilangan kepedasannya seiring waktu.

Semua yang digunakan untuk resep satu kali juga harus dibuang. Kemudian, pisahkan bumbu dapur yang sudah membusuk seperti bawang, cabai, dan sebagainya. 

Biskuit dan kerupuk

Biskuit dan kerupuk akan menjadi alot jika tidak diletakkan di dalam wadah tertutup. Tak hanya itu, dengan meletakkannya di atas meja dapur akan mengundang semut dan membuatnya berantakan.

Baca juga: Wastafel Dapur Bau? Begini Cara Mudah Membersihkannya

Semua produk yang sudah kedaluwarsa

Periksa kotak sereal, dan bahan makanan yang bersembunyi di ceruk dan sudut dapur Anda apakah masih layak untuk dikonsumsi atau tidak.

Kaleng dan botol

Kaleng bekas wadah makanan serta botol akan membuat dapur semakin berantakan. Disarankan untuk menyingkirkannya dari rak serta meja dapur sehingga lebih terlihat bersih.

Jika tidak, gunakan botol untuk hal yang lebih bermanfaat seperti sebagai vas atau menyimpan bahan lainnya yang memerlukan wadah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com