Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, 5 Masalah di Dapur yang Harus Segera Diperbaiki

Kompas.com - 03/02/2021, 07:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah salah satu ruangan paling penting di rumah. Pastinya Anda pergi ke dapur setiap hari untuk menyiapkan makanan maupun kegiatan terkait lainnya.

Oleh sebab itu, tidak hanya harus bersih, namun pastikan tidak ada masalah berarti di dapur yang bisa mengganggu kegiatan memasak Anda. Ini termasuk masalah pada kulkas hingga keran wastafel dapur yang menetes.

Jika Anda menemui masalah-masalah di dapur, jangan sekali-kali menyepelekan. Segera perbaiki setiap masalah yang ada, baik sendiri maupun dengan bantuan teknisi atau tukang.

Baca juga: 5 Cara Mengubah Ruang Dapur Menjadi Trendi

Dikutip dari The Spruce, Selasa (2/2/2021), berikut beberapa permasalahan di dapur yang harus segera diperbaiki.

1. Kulkas tidak dingin

Jika kulkas Anda tidak dingin, periksa apakah pintunya tertutup rapat dan segelnya rapat. Pastikan untuk memperhatikan lampu peringatan pada perangkat.

Perhatikan adanya panas, tetesan, atau suara yang tidak biasa. Kondensor kulkas yang beroperasi dengan baik akan menghasilkan panas, tetapi tidak boleh berlebihan.

2. Kulkas bau

Kulkas bau bisa disebabkan oleh makanan yang membusuk karena pengatur suhu atau pengabaian. Bersamaan dengan Anda membuang makanan berbau atau berjamur, cuci rak dengan sabun cuci piring, biarkan udara keluar, dan bersihkan evaporator.

Baca juga: Jangan Hilangkan Bau Kulkas dengan Baking Soda, Ini Penjelasannya

Sesuaikan suhu di dalam kulkas ke pengaturan optimal maksimal 4 derajat celsius untuk mencegah penumpukan embun beku, pertumbuhan jamur, atau bau.

3. Microwave tidak panas

Jika microwave Anda tidak memanaskan makanan dengan cara yang seharusnya, bisa jadi itu adalah magnetron atau mekanisme lainnya yang salah. Magnetron dapat terbakar saat microwave dihidupkan saat sedang kosong.

Anda kemungkinan besar harus mengganti sebagian atau unit microwave seluruhnya.

4. Keran wastafel dapur menetes

Masalah ini sangat umum terjadi, namun sebenarnya keran tidak boleh menetes, dan saluran air tidak boleh bocor. Untungnya, memperbaiki keran yang bocor adalah perkara sederhana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com