Kompas.com - 02/02/2021, 17:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Vacuum cleaner sangat bermanfaat di rumah untuk menyedot debu yang bisa menyebabkan alergi dan penyakit lainnya. 

Namun demikian, tahukah Anda, ada banyak manfaat vacuum cleaner selain untuk menyedot debu dan kotoran di lantai dan karpet? Vacuum cleaner pun dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pembersihan di rumah.

Untuk sebagian besar pekerjaan ini, Anda memerlukan vacuum cleaner dengan tabung dan penyedot yang mencakup selang dengan sambungan berbeda atau vacuum cleaner portabel yang dapat dilepas, bukan yang model sederhana.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan dalam Penggunaan Vacuum Cleaner, Apa Saja?

Untuk beberapa pekerjaan, vacuum cleaner genggam yang lebih kecil juga akan bekerja dengan baik.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (2/2/2021), berikut beberapa manfaat vacuum cleaner selain untuk menyedot debu.

1. Mengendalikan serangga

Sebuah studi oleh Ohio State University menunjukkan bahwa seringnya menyedot debu akan membunuh 96 persen kutu, baik kutu dewasa dan larva, di dalam rumah.

Menyedot debu juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan tungau debu dan sel kulit mati yang mereka makan dari kasur.

Vacuum cleaner juga merupakan alat yang bagus untuk menjangkau dan menangkap laba-laba atau nyamuk yang berkumpul di sudut langit-langit. Setelah serangga hilang, tempelkan kain putih bersih ke alat dengan karet gelang ke sarang laba-laba dan debu.

Baca juga: Vacuum Cleaner Genggam, Apa Bedanya dengan Vacuum Cleaner Biasa?

2. Membersihkan bulu hewan peliharaan

Vacuum cleaner mampu mengumpulkan semua bulu hewan peliharaan yang menempel di karpet dan berjatuhan di atas lantai kayu. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyedot tempat tidur hewan peliharaan dan menghilangkan bulu dari selimut dan seprai sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Rambut berlebih adalah salah satu penyebab utama penyumbatan, kebocoran, dan kegagalan pompa air pada mesin cuci.

3. Menyegarkan dan membersihkan jok, karpet dan bantal

Selain menghilangkan debu, remah-remah, dan kotoran, vacuum cleaner dan sekotak baking soda atau soda kue dapat melakukan keajaiban untuk menghilangkan bau dan mencerahkan kain.

Taburkan sedikit baking soda di atas jok, bantal, dan karpet. Kerjakan dengan lembut menggunakan spons basah atau kain pel.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.