Kompas.com - 02/02/2021, 18:42 WIB
Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi wallpaper. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi ruang tamu dengan dekorasi wallpaper.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menggunakan cat pada dinding, penggunaan wallpaper juga bisa menjadi solusi dalam melapisi dinding dalam rumah.

Tak hanya di dalam kamar tidur, namun wallpaper dapat diaplikasikan di berbagai ruang lainnya, misalnya ruang tamu.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (2/2/2021), wallpaper yang dipilih dapat memberikan kesan ruangan tampak lebih besar, hangat, dan cerah atau sebaliknya. Bahkan bisa menyembunyikan elemen yang tidak sempurna di dinding.

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Wallpaper untuk Kamar Tidur

Untuk membuat ruangan tampak lebih besar dan langit-langit lebih tinggi, pilih pola dengan latar belakang warna sejuk seperti hijau, biru, atau ungu.

Warna-warna lembut yang sejuk dapat memberikan kesan ketenangan, sedangkan warna-warna sejuk yang pekat tampak segar dan dramatis. Sementara itu, warna-warna hangat seperti merah, kuning, serta oranye membuat suasana lebih hangat.

Pencahayaan

Tak hanya pola dan warna, namun pemilihan wallpaper juga harus mempertimbangkan pencahayaannya.

Pilih wallpaper yang dapat memantulkan cahaya di sekitar ruangan, sepertu pola dengan warna terang dan yang bertinta metalik atau warna-warni.

 

Baca juga: Simak, Kesalahan Saat Memasang Wallpaper di Rumah

Pertimbangkan juga pola dengan permukaan halus, yang memantulkan cahaya maksimal. Warna gelap akan menyerap cahaya, membuat dinding tampak lebih rapat dan ruangan lebih kecil.

Permukaan bertekstur juga cenderung membuat dinding tampak lebih gelap.

Tekstur

Pilih wallpaper yang bertekstur agar dapat menyembunyikan cacat pada dinding. Wallpaper dengan tampilan marmer, kayu, kulit, kain, dapat menjadi pilihan untuk memyembunyikan ketidaksempurnaan dinding asli.

Tampilan

Untuk gaya yang ceria dan cerah, pilih motif kecil yang terbuka dan diberi jarak teratur, seperti bintik-bintik.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X