Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Tata Letak Dapur Kecil yang Bisa Jadi Inspirasi

Kompas.com - 28/01/2021, 17:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur yang besar tidak selalu lebih baik, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti biaya, kebersihan dapur, serta penataan dapur. Faktanya, dengan semua faktor lain yang ada, dapur kecil akan memiliki lebih terjangkau.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (28/1/2021), kelebihan lainnya memiliki dapur kecil adalah karena lebih sedikit ruang yang diberikan ke dapur, ini berarti ada lebih banyak ruang di rumah untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan.

Selain itu, dengan dapur mini desainnya akan lebih efisien dan ergonomis. Namun, bagaimana menata layout atau tata letak dapur dengan luasan kecil ini agar lebih nyaman beraktivitas?

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Lemari Dapur

Tata Letak Dapur Koridor

Dapur bergaya koridor adalah tata letak paling populer untuk dapur kecil. Dalam tata letak ini, tempat pencuci piring, kompor, dan sebagainya biasanya dikelompokkan dalam area kecil.

Penyimpanan disediakan di lemari atas dan bawah, menyisakan ruang meja kosong untuk keperluan memasak. Dapur kecil yang sempit ini biasanya memiliki pintu di kedua ujungnya, dengan elemen dapur dibatasi di sepanjang satu dinding.

Namun seringkali dapur berbentuk L dapat digunakan di ruang-ruang kecil ini.

Dapur Terbuka dengan Ruang Makan Kecil

Tata letak ini menggabungkan meja makan kecil dengan dapur, sehingga bisa menghemat ruang. Dapur dengan bentuk L ini, dapat menampung empat orang ketika sedang menyantap hidangan.

Baca juga: Desain Dapur 2 Warna Diprediksi Jadi Tren Tahun ini

Dapur untuk Denah Lantai Konsep Terbuka

Representasi ini menunjukkan bagaimana dapur kecil berbentuk L dapat diintegrasikan dengan ruang tamu berkonsep terbuka.

Dinding partisi dapat ditambahkan untuk memberikan pemisahan antara ruang makan dan ruang tamu. Bergantung pada ukuran ruang, dapur mungkin dapat menyertakan pulau untuk menyediakan ruang dan penyimpanan tambahan.

Dapur Klasik Berbentuk L

Sesuai dengan namanya, dapur ini berbentuk L dengan memiliki dua sisi lemar. Biasanya, satu sisi lemari yang lebih panjang memiliki ruang yang lebih besar, dan sisi pendek lainnya bisa diletakkan berbagai alat elektronik seperti kulkas, dan sebagainya.

Tata letak ini umum jika dapur memiliki ruangan kecil yang dikelilingi oleh empat dinding, di mana dua dinding dapat ditempati oleh pintu masuk, pintu lorong, jendela, atau area tempat duduk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com