Kompas.com - 11/02/2021, 14:09 WIB
Ilustrasi anjing sedang mengendus makanan. PEXELS/FREESTOCKS.ORGIlustrasi anjing sedang mengendus makanan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kita tentu tahu bagaimana buah baik untuk kesehatan. Namun rupanya, buah juga sangat baik untuk anjing.

Meskipun anjing tidak membutuhkan buah untuk menjadi yang sehat, penambahan buah-buahan segar ke dalam pola makan normal anak anjing, dengan izin dan instruksi dari dokter hewan, dapat memberi mereka tambahan vitamin, mineral, dan antioksidan, serta beberapa hidrasi ekstra yang selalu diterima.

Namun, satu hal penting untuk diingat, ketika berbicara tentang memberi makan buah pada anjing adalah tidak semua buah baik bagi anjing. Untuk itu, sebagai pemilik yang menyayangi anjing, sebaiknya kamu tahu buah apa yang tidak sebaiknya diberikan pada anjing.

Baca juga: Risiko Memberi Tulang Mentah pada Anjing Menurut Dokter Hewan

Selain itu, kamu juga harus melihat bagaimana respon beberapa jenis buah pada anjing. Apakah anjing menjadi sakit perut setelah mengonsumsinya, atau merasakan ketidaknyamanan yang lainnya.

Sebagai pedoman, berikut adalah pedoman untuk memberikan buah yang aman bagi anjing, dikutip dari The Spruce Pets, Kamis (11/2/2021). 

1. Apel

Beberapa iris atau potongan kecil apel bisa menjadi camilan dan topping makanan yang sangat baik untuk anjing. Pastikan untuk tidak memberi makan anjingmu biji apel, karena biji apel mengandung sedikit sianida dan juga menimbulkan risiko tersedak.

Buah apel membantu membersihkan gigi dan menyegarkan nafas. Selain itu, apel juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan serat, serta ada juga fitokimia di kulit, yang terbukti dapat melawan pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Pernah Lihat Anjing Makan Rumput? Ini Penjelasannya

2. Pisang

Pisang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuk sahabat berbulu kita. Mereka juga mudah dibawa, menjadikannya camilan yang enak untuk dibawa saat berjalan-jalan dengan si doggy.

Pisang baik untuk pencernaan anjing, serta jantung dan ototnya. Buah berwarna kuning ini juga mengandung potasium, serat, dan vitamin C.

3. Blackberry

Blackberry jenis apapun aman untuk anjing, tetapi saat memberikannya, lebih baik ptotonglah blackberry menjadi bagian kecil-kecil. Pilihlah blackberry yang lebih manis, bukan yang asam, yang kemungkinan besar disukai anjing.

Blackberry memiliki sifat antibakteri yang mendukung kesehatan mulut yang baik. Buah mengandung vitamin C dan K, mangan, dan serat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X