Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2021, 15:47 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden merupakan kain penutup jendela dan pintu yang hampir ditemui di setiap rumah. Gorden berfungsi menghalangi cahaya, debu, dan angin untuk masuk serta menutupi sesuatu di dalam rumah agar tidak erlihat dari luar. 

Keberadaan gorden juga dapat menambah nilai estetika di rumah. Ruangan terlihat lebih menarik dan tertata. Sayangnya, lantaran bukan benda yang penting, tak sedikit penghuni rumah yang kerap mengabaikan kebersihan gorden. 

Baca juga: Kapan Kamu Perlu Mengganti Gorden di Rumah?

Banyak sekali penghuni rumah yang belum tahu seberapa sering gorden harus dibersihkan. Kebanyakan berpendapat bahwa selagi tampilan gorden tak ada noda dan masih tampak bersih, maka belum saatnya dibersihkan. 

Lantas, sebenarnya seberapa sering gorden harus dibersihkan?

Dilansir dari laman Mr Timesaver, Jumat (23/4/2021), gorden yang terpajang setiap hari sudah pasti terpapar berbagai macam debu dan kotoran sehingga perlu dibersihkan setiap tiga hingga enam bulan sekali.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus mengikuti aturan itu. Membersihkan gorden secara teratur dan lebih sering adalah ide bagus untuk menjaga rumah tetap bersih dan sehat. 

Baca juga: Ketahui, Cara Mencuci Gorden dengan Baik dan Benar

Ditambah, ada sejumlah faktor lingkungan yang turut mempengaruhi untuk mencuci gorden lebih sering. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Alergi

Gorden dapat menjebak berbagai alergen umum, termasuk debu, serbuk sari, spora jamur, dan bulu hewan peliharaan.

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang menderita alergi, pembersihan gorden dan karpet secara teratur harus menjadi bagian penting dari rutinitas rumah tanggamu. 

Baca juga: 4 Alasan Gorden Harus Berwarna Cerah

Asap Rokok

Partikel asap dari rokok, cerutu, dan vape mudah terperangkap di kain gorden. Akibatnya, gorden menjadi bau dan menimbulkan noda.

Jika tidak ingin gorden menguning atau bau asap, pastikan membersihkan gorden setiap bulan jika memungkinkan serta membiarkan udara segar masuk ke rumah. 

 

Tinggal di Dekat Laut 

Jika tinggal di dekat laut, terlebih rumah dengan pemandangan laut, garam bukan teman terbaik. Udara laut yang panas dan asin dapat mempengaruhi gorden serta kaca jendela.

Untuk itu, mencuci gorden adalah suatu keharusan dan disarankan memilih kain yang tahan lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com