Kompas.com - 23/04/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi bunga melati. PIXABAY/CAPRI23AUTOIlustrasi bunga melati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga melati adalah jenis tanaman bunga yang familiar bagi masyarakat di Indonesia, yang kerap disandingkan dengan bunga mawar.

Bunga dari famili Oleaceae ini merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun dan sangat cocok untuk dikoleksi atau dibudidayakan.

Apabila kamu adalah seseorang yang merawat bunga melati, khususnya yang ditanam di dalam pot, kamu pasti tertarik untuk membuat tanaman bunga melati dapat berbunga lebat.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Bunga Wijaya Kusuma, Si Queen of The Night

Ketikan tanaman bunga melati berbunga lebat, hal ini tentu memberikan kepuasan yang lebih, karena pancaran keindahannya akan semakin maksimal.

Jika kamu tertarik, berikut rahasia perawatan bunga melati agar berbunga lebat, dikutip dari Channel Youtube Berkebun Bunga, Jumat (23/4/2021).

Langkah-langkah membuat bunga melati berbuah lebat

1. Pruning

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah awal untuk membuat bunga melati berbunga lebat adalah melakukan pruning, alias memotong pucuk-pucuknya.

Jadi, bunga dipotong-potong dulu pucuknya atau istilahnya dipruning pupusnya.

Baca juga: Selain Indah, 12 Jenis Bunga Ini Punya Makna Mendalam

2. Puasa air

Selanjutnya, pastikan bunga melati puasa air, atau tidak diberikan air selama 4-5 hari untuk melati yang ditanam di pot.

3. Pemupukan

Setelah dipruning dan media tanam bunga melati sudah kering atau agak kering, kamu bisa memberikan pupuk NPK sekitar 2 sendok makan untuk 1 pot tanaman bunga melati berukuran cukup besar.

Pupuk NPK yang digunakan adalah pupuk NPK yang memiliki kandungan P atau fosfor tinggi.

4. Lakukan penyiraman

Seusai pemupukan dengan pupuk NPK, siram tanaman bunga melati dengan menggunakan air bersih agar pupuk larut lebih cepat ke media tanam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X