Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 10/04/2023, 15:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan dapur berbahan besi dan logam rentan terhadap karat. Ini termasuk gunting dan pisau yang ada di dapur Anda.

Dilansir The Kitchn, pembentukan karat bukan merupakan indikasi kualitas gunting atau pisau Anda. Meskipun, jika tidak ditangani, karat dapat memengaruhi peralatan tersebut

Karat terbentuk dengan adanya besi, kelembapan, dan oksigen, ketiganya selalu ada di dapur. Maka, tidak mengherankan bahwa dari waktu ke waktu, karat terjadi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat pada Alat Berkebun, Pakai Cuka hingga Cola

Ilustrasi memotong sayuran dengan pisau dapur. FREEPIK/SENIVPETRO Ilustrasi memotong sayuran dengan pisau dapur.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan karat pada gunting dan pisau dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di dapur, serta cara mencegah pisau dan gunting berkarat.

1. Gunakan kentang

Kentang bisa menjadi jawaban untuk masalah karat. Asam oksalat yang ditemukan dalam kentang adalah "bahan ajaib" untuk menghilangkan karat.

Untuk menggunakan metode ini, letakkan bilah pisau atau gunting di dalam kentang utuh dan biarkan selama delapan hingga 10 jam. Lepaskan bilahnya dan karat akan mudah dibersihkan atau digosok.

Gosok dengan sisi kentang yang dipotong untuk efisiensi ganda. Cuci dan keringkan sampai bersih.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Karat pada Wastafel Kamar Mandi

2. Gunakan lemon

Air lemon juga membantu menghilangkan karat karena keasamannya. Isi gelas atau mangkuk dangkal dengan air lemon dan masukkan pisau atau gunting ke dalamnya.

Biarkan selama 10 hingga 15 menit atau lebih lama jika masalah karat lebih parah, lalu bersihkan atau gosok karat tersebut. Anda juga dapat menggunakan lemon yang dibelah dua untuk menghilangkan karat pada pisau atau gunting.

Halaman:
Sumber The Kitchn


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com