Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2022, 22:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pesta barbecue menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga atau teman-teman. 

Kegiatan ini dapat mengakrabkan hubungan antaranggota keluarga atau pertemanan serta mengusir stres

Baca juga: Tips Menghilangkan Karat Pada Panggangan

Namun, sebelum melakukan kegiatan barbecue, penting memperhatikan alat pemanggang yang digunakan. Pasalnya, kebersihan alat pemanggang dapat mempengaruhi rasa daging. 

Hal ini bisa disebabkan masih terdapat residu arang atau cairan sabun cuci piring pada alat pemanggang.  

Disadur dari Good Housekeeping, Senin (13/6/2022), terdapat beberapa langkah tepat membersihkan alat pemanggang daging agar permukaannya bebas dari residu apa pun seperti berikut ini. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Talenan Kayu untuk Daging 

Gosok besi pemanggang daging 

Ilustrasi membersihkan pemanggangUNSPLASH/Getúlio Moraes Ilustrasi membersihkan pemanggang
Besi alat pemanggang bersentuhan langsung dengan makanan sehingga perlu membersihkannya secara rutin.  

Namun, sebelum membersihkannya, dinginkan terlebih dulu pemanggang daging, lalu bersihkan sebanyak mungkin puing dengan sikat panggangan.

Setelah itu, siapkan air sabun hangat di dalam baskom untuk merendam besi tersebut. Jika ember tidak muat, rendam sebagian permukaan besi selama 15-30 menit sebelum dibalikkan untuk merendam bagian lainnya dalam periode waktu yang sama.

Untuk besi pemanggang yang benar-benar kotor, rendam untuk kedua kalinya agar kotoran melunak, lalu bilas, dan biarkan mengering secara alami.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Pemanggang Roti Pakai Sikat Gigi

Bersihkan bagian dalam pemanggang

Ilustrasi alat panggangan, memanggang daging. PIXABAY/KABOOMPICS Ilustrasi alat panggangan, memanggang daging.

Setelah besi pemanggang dilepas, gosok bagian dalam alat pemanggang dan penutupnya—jika punya—untuk menyingkirkan residu longgar yang menumpuk pada sisi dan dasar pemanggang.

Gunakan pisau dempul atau pengikis untuk mencungkil serpihan apa pun yang tersisa. Untuk alat pemanggang yang memiliki wadah penangkap abu, jangan lupa mengosongkannya. 

Setelah itu, bersihkan alas (drip pan atau drip tray) yang umumnya terletak di bawah besi pemanggang dengan air sabun hangat.

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Pemanggang yang Berkerak dengan Baking Soda

Seka eksterior alat pemanggang

Untuk eksterior alat pemanggang, campurkan sabun cuci piring dengan air hangat, lalu seka semua permukaan luar alat pemanggang daging. 

Apabila eksterior alat pemanggang terbuat dari stainless steel, kamu bisa membersihkannya dengan pembersih khusus benda bermaterial stainless steel jika punya. Setelah itu, bilas dan lap hingga benar-benar kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com