Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bahaya Menggunakan Dua Kabel Ekstensi Secara Bersamaan

Kompas.com - 13/06/2022, 18:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabel ekstensi bertujuan membantu dalam penggunaan listrik sehari-hari. Kabel ekstensi sering kali menjadi solusi ketika stopkontak tidak memadai atau penuh.

Namun, perlu diketahui, pemakaian kabel ekstensi tidak boleh dilakukan sembarangan, termasuk menggunakan kabel ekstensi di atas kabel ekstensi lainnya. 

Baca juga: Jangan Tidur di Dekat Stopkontak Dinding, Ini Bahayanya 

Dilansir dari Hunker, Senin (13/6/2022), meski terkadang menjadi satu-satunya solusi, menggunakan dua kabel ekstensi bersamaan bukan ide baik. Ini bisa mendatangkian sejumlah risiko buruk pada rumah, termasuk kebakaran

Demi menjaga keamanan rumah, sebaiknya menggunakan kabel ekstensi yang lebih panjang yang dibuat untuk tujuan khusus.  

Dapat memicu kebakaran 

Ilustrasi kabel ekstensi, Ilustrasi menggunakan dua kabel ekstensi secara bersamaan.Shutterstock/Shawn Hempel Ilustrasi kabel ekstensi, Ilustrasi menggunakan dua kabel ekstensi secara bersamaan.
Menggunakan dua kabel ekstensi secara bersamaan hanya berfungsi sementara. Namun, bila menggunakannya dalam jangka panjang, hal itu dapat menciptakan risiko signifikan.

Kabel ekstendi dapat mengurangi kemampuan watt setiap kabel serta menyebabkan kehancuran dan kebakaran. 

Baca juga: 2 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Stopkontak

Consumer Product Safety Commission atau Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat, mengatakan sekitar 3.300 kebakaran perumahan setiap tahun dimulai sebagai akibat dari kabel ekstensi.

Masalah paling umum adalah sirkuit kelebihan beban, korsleting, kabel yang rusak, dan kabel yang disalahgunakan.

Menggunakan dua kabel ekstensi secara bersamaan adalah contoh kabel yang disalahgunakan. Sekitar 50 orang meninggal dan 270 orang terluka setiap tahun dalam kebakaran ini. 

Baca juga: Hindari 9 Hal Ini Saat Menggunakan Stopkontak Extension

Langkah pencegahan dan solusi

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya menghindari penggunaan kabel ekstensi. Jika hal ini tidak praktis, pertimbangkan kabel pendek, soket ekstensi berinsulasi dengan insulasi berat, dan perlindungan yang memadai dari korslet.

Apabila harus menggunakan kabel ekstensi, gunakan sesingkat mungkin. Selain itu, hindari menggunakan kabel ekstensi untuk peralatan elektronik yang mengonsumsi daya besar seperti microwave dan setrika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com