Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Bak Cuci Piring Stainless Steel, Lakukan Tiap Minggu

Kompas.com - 31/05/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila diperhatikan, wastafel dapur alias bak cuci piring stainless steel bisa berkerak dan kotor. Oleh sebab itu, mengetahui cara membersihkan wastafel dapur stainless steel dengan benar akan sangat membantu menjaga kebersihan dapur.

Dilansir Real Homes, Selasa (31/5/2022), stainless steel adalah bahan yang sangat higienis, sehingga disebut stainless pun karena suatu alasan. Stainless steel juga tidak berbau dan tahan lama, sehingga banyak digunakan untuk bak cuci piring.

Namun, dengan penggunaan sehari-hari, dan terutama setelah memasak dan mencuci peralatan masak atau peralatan makan berminyak, bak cuci piring stainless steel mungkin mulai terlihat agak kusam dan kotor.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Lendir yang Menyumbat Wastafel

Ilustrasi mencuci piring di wastafel dapur stainless steel. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi mencuci piring di wastafel dapur stainless steel.

Membersihkan permukaan stainless steel cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui teknik yang benar dan menggunakan produk yang tepat.

Cara membersihkan wastafel dapur stainless steel

Cara membersinkan wastafel dapur stainless steel mudah dan tidak menggunakan banyak pembersih yang keras. Sebagian besar bahan pembersih yang Anda butuhkan mungkin sudah ada di dapur.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Kain mikrofiber lembut
  • Cuka
  • Sarung tangan karet
  • Baby oil atau minyak kelapa
  • Kain pemoles
  • Baking soda

Berikut cara membersihkan wastafel dapur secara bertahap.

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Kerak pada Wastafel Dapur

1. Bilas wastafel dapur

Pertama, kenakan sarung tangan dan singkirkan sisa makanan dari lubang saluran air. Kemudian bilas wastafel dapur dengan air bersih dan hangat dari keran.

Jika wastafel lambat terkuras dan/atau tersumbat, pelajari cara membuka wastafel terlebih dahulu. Pastikan tidak ada genangan air yang tersisa di wastafel sebelum Anda membersihkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com