Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Jarak Ideal Meletakkan Kulkas Berdekatan dengan Dinding

Kompas.com - 30/05/2022, 19:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, dapur modern dirancang sedemikian rupa sehingga segala sesuatu memiliki ruang dan tertata rapi. 

Namun, penataan ini terkadang membuat peralatan dapur yang baru dapat terjepit di dalam ruangan jika ukurannya sedikit lebih besar dari peralatan yang diganti. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Bau dan Langkah Pencegahannya 

Bagi dapur yang dirancang dengan ceruk kulkas, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah. Sebab, kulkas dirancang untuk memiliki kumparan kondensor yang membuang panas dari bagian luar peralatan sehingga bagian dalam tetap sejuk.

Dilansir dari Appliance Repair Specialists, Senin (30/5/2022), selama bertahun-tahun, kumparan kulkas telah berpindah dari bagian belakang kulkas ke dasar atau bagian bawah, tetapi kedua model ini masih ditemukan.

Dengan memindahkan kumparan ke bagian bawah kulkas, memungkinkan kumparan  mendinginkan lebih efisien dan kulkas bisa lebih dekat ke dinding. 

Baca juga: 3 Tips Menjaga Bahan Makanan di Kulkas Tetap Dingin Saat Mati Lampu

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur.
Kedua model kumparan kulkas memerlukan ruang antara peralatan dan dinding. Pada dasarnya, kumparan perlu menghilangkan panas secara efisien dan Anda tidak ingin panas itu dilepaskan langsung ke dinding. 

Untuk menghindari masalah kulkas dan penumpukan panas pada dinding, berikan cukup ruang antara kulkas dan permukaan apa pun.

Namun, berapa banyak ruang yang cukup antara kulkas dan dinding? 

Beriku ini rekomendasi jarak antara kulkas dan dinding, baik bagian atas, samping, maupun belakang peralatan elektronik. 

Baca juga: Sebelum Beli, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Dua Pintu

Belakang 

Pada area inilah, jarak paling banyak dibutuhkan. Kulkas harus memiliki jarak dengan dinding setidaknya lima sentimeter. 

Atas 

Jika memiliki gulungan atau koil kondesor belakang, kulkas memerlukan jarak pada bagian atas setidaknya lima sentimeter dari dinding atas atau plafon untuk menghilangkan panas, tetapi untuk kumparan bawah jarak cukup 2,5 sentimeter.  

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan di Dalam Kulkas, Apa Saja?

Sisi samping 

Terlepas dari penempatan koil kondesor, sisi samping kulkas, baik kanan maupun kiri membutuhkan ruang paling sedikit 1,5 sentimeter dari dinding. 

Dengan menempatkan kulkas dengan jarak yang sesuai, hal ini dapat memudahkan Anda membersihkan area kulkas tersebut dan tidak akan menghalangi aliran udara yang dibutuhkan kulkas untuk bekerja lebih efisien. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com