Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 5 Penyebab Bulu Kucing Mengalami Kusam

Kompas.com - 04/05/2022, 16:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Web MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melindungi dari panas serta suhu yang dingin, bulu kucing memiliki fungsi lain seperti memberikan data sensorik kucing serta membantu kucing memproduksi nutrisi penting seperti vitamin D.

Untuk itu, bulu kucing harus dirawat dengan baik. Namun, meski telah dirawat dengan baik, terkadang bulu kucing bisa kehilangan kilaunya atau mengalami kusam. 

Dilansir dari WebMD, Rabu (5/4/2022), ada beberapa penyebab bulu kucing menjadi kusam dan kulitnya menjadi kering atau bersisik seperti berikut ini. 

Baca juga: 14 Ras Anjing yang Jarang Mengalami Kerontokan Bulu 

Nutrisi buruk 

Ilustrasi kucingUnsplash/Piotr Musio? Ilustrasi kucing
Sama dengan manusia, untuk tubuh, kulit, dan bulu kucing yang sehat, sahabat bulu membutuhkan diet dengan keseimbangan karbohidrat, protein, serta lemak yang baik.

Jika bulu kucing tampak kusam, artinya kucing mengonsumsi makanan berkualitas buruk yang lebih sulit dicerna serta kekurangan mineral dan vitamin penting. 

Masalah berat badan 

Sebanyak 57 persen kucing di Amerika Serikat (AS) diperkirakan kelebihan berat badan atau obesitas. Ketika  menjadi gemuk, kucing enggan membersihkan tubuhnya. Tak heran, bila bulu kucing mengalami kusam dan tidak terawat. 

Baca juga: 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Kucing agar Tidak Mudah Sakit

Usia 

Arnold Plotnick, dokter penyakit dalam hewan dan spesialis kucing di New York, AS, ketika beranjak usia atau menjadi tua, kucing menjadi kurang fleksibel atau mengalami rematik sehingga membuatnya sulit bergerak atau memutar seperti dulu.

Jadi, usia atau rasa sakit bisa membuat kucing memiliki bulu yang kusam dan basah kuyup.  

Mandi terlalu sering 

Ilustrasi kucing hilangUnsplash/Piotr Musio? Ilustrasi kucing hilang
Dalam upaya mengendalikan ketombe atau kutu, beberapa orang memandikan kucing peliharaannya.

Namun, memandikan kucing terlalu sering bisa menyebabkan bulu kucing menjadi basah kuyup serta lebih kering. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Kucing Peliharaan Terbiasa dengan Kehadiran Tamu

Masalah penyakit dan udara

Penyebab bulu kucing kusam lainnya adalah mengalami beberapa penyakit dan kondisi tertentu seperti diabetes, parasit, infeksi kulit, alergi, penyakit autoimun, atau udara musim dingin yang kering.

Untuk mengetahui penyebab masalah kulit atau bulu kucing yang kusam ini penting untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com