Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mengusir Kucing dari Tempat Sampah dengan Minyak Kayu Putih

Kompas.com - 28/04/2022, 22:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendapati kucing peliharaan tengah asyik mencari benda di dalam tempat sampah, bahkan hingga membuat tempat sampah terguling dan berantakan?

Hal ini karena kucing merupakan makhluk yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Namun, rasa ingin tahu tersebut membuat kondisi menjadi lebih kacau. Namun, tak perlu khawatir, hal ini dapat diatasi dengan mudah. 

Dilansir dari Pet The Nest, Kamis (28/4/2022), menggunakan minyak kayu putih dapat mencegah kucing peliharaan masuk ke tempat sampah.  

Baca juga: 8 Alasan Kucing Peliharaan Berhenti Menggunakan Kotak Pasirnya

Bau tidak menyenangkan 

Ilustrasi kucing himalayaUNSPLASH/Mikhail Vasilyev Ilustrasi kucing himalaya
Untuk menjauhkan kucing pelihaaran dari tempat sampah atau area terlarang lainnya, Maddie's Shelter Medicine Program di Cornell University merekomendasikan merendam bola kapas atau handuk kecil dalam minyak kayu putih, lalu meletakkannya di tempat sampah.

Aroma minyak kayu putih tidak disukai oleh kebanyakan kucing sehingga mencegah sahabat bulu mendekat dan masuk ke area-area yang berbau tersebut. 

Badan Perlindungan Lingkungan Federal juga menganjurkan minyak kayu putih untuk mengusir kucing. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan saat Meninggalkan Kucing Sendirian di Rumah

Minyak aromatik lainnya 

Minyak kayu putih bukan satu-satunya bahan yang sering digunakan untuk mengusir kucing. Ada banyak minyak aromatik yang bisa digunakan untuk mengusir kucing dari tempat sampah seperti minyak mustard, minyak serai, minyak lavender, dan lainnya.

Selain minyak esensial, bubuk kopi, cabai rawit juga dapat menjadi alternatif lain mengusir kucing dari tempat sampah. 

Baca juga: Penyebab Kucing Berperilaku Dominan dan Cara Mengatasinya 

Bisa beracun untuk kucing 

Ilustrasi kucing - Kucing Ragdoll. Kenapa kucing punya kumis? Fungsi kumis kucing.SHUTTERSTOCK / Luxurious Ragdoll Ilustrasi kucing - Kucing Ragdoll. Kenapa kucing punya kumis? Fungsi kumis kucing.
Sebelum menggunakan minyak kayu putih untuk menjauhkan kucing dari tempat sampah, bicarakan dengan dokter hewan mengenai keamanannya. Persetujuan dari dokter hewan adalah hal penting.

Sebab, menurut Perhimpunan Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan Amerika atau ASPCA aroma minyak kayu putih dapat mendorong kucing menjauh, tetapi konsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menjadi racun bagi kucing. 

Jika kucing tak sengaja memakan tanaman kayu putih atau minyaknya, ini bisa membuat kucing mengalami gejala tidak nyaman seperti tubuh lemah, depresi, diare, muntah, dan air liur yang berlebihan.

Apabila melihat tanda-tanda ini pada kucing, inilah saatnya menghubungi dokter hewan. 

Baca juga: Berapa Lama Pemilik Boleh Meninggalkan Kucing Sendirian di Rumah?

Jauhi minyai serai 

Berhati-hatilah saat menggunakan minyak serai untuk mengusir kucing. Jenis minyak tertentu dengan aroma serai berbahaya bagi kucing.

Hindari menggunakan minyak yang mudah terbakar ini di sekitar kucing. Jika melihat ada orang di lingkungan Anda yang menggunakan minyak serai, segera menjauhkan kucing dan beri tahu mereka tentang bahaya minyak tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com