Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Mangkuk Air yang Dapat Mendorong Kucing Minum Lebih Banyak

Kompas.com - 01/05/2022, 21:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air menjadi salah satu kebutuhan penting yang diperlukan kucing untuk menjaga kesehatannya, terutama ginjal.

Akan tetapi, tidak semua kucing mau minum dengan mudah. Anda bisa membawanya ke sumber air, tetapi tidak bisa membuat kucing minum.  

Baca juga: Ragam Hal yang Mengharuskan Kucing Perlu Dibawa ke Dokter Hewan

Untungnya, dengan menggunakan mangkuk minum yang berbeda dapat membuat kucing tetap terhidrasi dengn baik. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (1/5/2022), berikut tiga jenis mangkuk air untuk kucing peliharaan

Mangkuk air lebar

Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.
SHUTTERSTOCK/JACK_PHOTO Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.
Kucing adalah makhluk yang lucu. Sebagian besar kucing menyukai suka apa pun yang menyentuh kumisnya karena merupakan area yang sangat sensitif. Bahkan kucing dapat mendeteksi sedikit perubahan angin dengan kumisnya.

Mengingat kepekaan ini tidak mengherankan jika kebanyakan kucing tidak suka terhadap hal-hal yang menyentuh kumisnya, termasuk mangkuk makanan dan air. 

Baca juga: Kucing Makan Kecoak, Bahayakah?

Untuk itu, menyediakan mangkuk air berukuran besar dan lebar dapat membuat kucing minum dengan nyaman tanpa menggosokkan atau mengenai kumisnya, bahkan minum dalam jumlah banyak. 

Sebaiknya juga menggunakan mangkuk air stainless steel lebar untuk kucing peliharaan sehingga mudah membersihkannya secara menyeluruh dan tidak menyebabkan ruam dagu seperti beberapa mangkuk plastik.  

Baca juga: Cara Menciptakan Kebun yang Ramah Kucing Peliharaan

Mangkuk air mancur

Beberapa kucing peliharaan sangat suka minum air mengalir seperti dari wastafel. Apabila demikian, pertimbangkan membeli tempat minum air mancur otomatis. Ada banyak model mangkuk air mancur berbeda yang tersedia di pasaran, 

Karena terbuat dari material stainless steel, mangkuk air mudah dibersihkan. Namun, Anda harus mengganti filter secara teratur agar air tetap segar dan membuat kucing ingin meminumnya.

Satu-satunya kelemahan mangkuk air ini adalah Anda harus meletakkannya di dekat stopkontak karena harus dicolokkan. 

Baca juga: Bahaya Pemakaian Kalung ke Leher Kucing yang Jarang Diketahui

Mangkuk air yang didinginkan

Kebanyakan kucing lebih menyukai air dingin. Namun, sulit untuk terus mengisi ulang mangkuk air kucing.

Anda bisa membuatnya dingin lebih lama dengan menggunakan tempat air berbahan stainless steel dan membekukan alasnya (meletakkan es batu pada alas wadah), lalu letakkan mangkuk air di atasnya. Efek ini bisa bertahan beberapa jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com