Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Titip Hewan Peliharaan Selama Mudik? Ini Syarat dan Fasilitasnya

Kompas.com - 27/04/2022, 21:31 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang sudah bersiap melakukan mudik untuk merayakan Hari Kemenangan di kampung halaman.

Akan tetapi, bagi pemilik hewan peliharaan, ada hal yang harus diperhatikan sebelum mudik, yakni memastikan kondisi dan perawatan sahabat bulu selama ditinggal mudik.  

Baca juga: Bolehkah Membawa Hewan Peliharaan Mudik? Ini Kata Dokter Hewan

Dinda Septiana, dokter hewan dari Bobon And Vet, Bogor, Jawa Barat, mengatakan, bila berencana mudik tanpa membawa hewan peliharaan, Anda bisa menitipkan hewan peliharaan ke petshop. 

"Selama musim libur Lebaran tahun lalu, kami menerima sekitar 40 ekor dengan jadwal check in dan check out berbeda. Hewan yang kami terima hanya kucing karena belum ada fasilitas untuk penitipan hewan lainnya," kata Dinda dihubungi Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Untuk menitipkan hewan peliharaan, Dinda menjelaskan ada persyaratan yang harus dilengkapi, dari kelengkapan vaksinasi, obat cacing, dan tetes kutu. 

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Aman Membawa Hewan Peliharaan Mudik

"Namun, apabila ada hewan yang sakit, kami tetap terima dengan treatment dan ruangan  berbeda. Ruangan terpisah antara hewan sehat, hewan sakit non infeksius, dan hewan sakit infeksius," ucapnya. 

Begitu pun sebelum menitipkan kucing peliharaan, Anda perlu membuat janji atau booking terlebih dahulu satu hari sebelum jadwal check-in dan mengisi fomulir rekam medis. 

Setelah itu, dokter akan mengecek kondisi hewan yang dititipkan. Klinik akan menyiapkan kandang baru untuk hewan, memberikan label pada barang yang dibawa hewan, serta pemilik mengurus administrasi untuk penandatangan persetujuan rawat inap dan pembayaran deposit. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup Selama Ditinggal Mudik

Berbagai fasilitas 

Ilustrasi anjingUnsplash/Matthew Fournier Ilustrasi anjing
Selain Bobon And Vet, Pampamdo, kinik hewan dan petshop yang berlokasi di Jakarta Timur,  juga menawarkan fasilitas penitipan hewan peliharaan yang ditinggal mudik oleh pemiliknya.

"Selama menginap, hewan peliharaan akan mendapatkan fasilitas berupa makan, minum dua kali sehari, vitamin, kebersihan kandang dan ruangan, grooming sebelum dijemput, dan akan diajak bermain selama masa penginapan maksimal 14 hari. Masa ini bisa diperpanjang dengan surat izin titip yang baru," jelas Angga Djuanda, dokter hewan dari Klinik Hewan dan Petshop Pampamdo. 

Baca juga: Syarat Membawa Hewan Peliharaan saat Mudik Naik Kereta Api

Sementara itu, Bobon And Vet memberikan fasilitas meliputi kandang yang nyaman untuk masing-masing hewan, pemberian makanan dan minuman dua kali sehari, pembersihan kandang dua kali sehari, alas kandang menggunakan underpad (apabila kotor langsung di ganti), pemberian vitamin harian, dan pemantauan oleh dokter hewan serta staf. 

Lantas, berapa biaya menitipkan hewan peliharaan selama libur Lebaran dan mudik? 

Dinda mengatakan, untuk menitipkan kucing peliharaan di Bobon And Vet selama periode Lebaran, pemilik hewan harus mengeluarkan biaya Rp75 ribu per hari dari sebelumnya Rp60 ribu per hari. Periode Lebaran ini berlangsung pada 27 April-10 Mei.

Baca juga: Syarat Membawa Hewan Peliharaan saat Mudik Naik Pesawat

Ilustrasi kucing di lantai. Bau urine hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di lantai dan seisi ruangan. PIXABAY/NIEK VERLAAN Ilustrasi kucing di lantai. Bau urine hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di lantai dan seisi ruangan.
"Harga tersebut nantinya akan ada bonus satu stamp per hari yang dapat di tukarkan dengan grooming, obat cacing, atau tetes kutu gratis dengan jumlah stamp yang telah dikumpulkan." 

Sementara itu, di Pampamdo, biaya menitipkan hewan selama mudik atau Lebaran sebesar Rp100 ribu, sedangkan pada hari biasa Rp75 ribu.

"Hingga kini, ada 50 ekor hewan yang dititipkan sebelum Hari Raya dan yang dititipkan menjelang Lebaran sebanyak 15 ekor," tambah Angga.  

Baca juga: 4 Cara Mudah Menciptakan Rumah yang Ramah Hewan Peliharaan

Hal yang harus diperhatikan sebelum menitipkan hewan peliharaan 

Sebelum menitipkan hewan peliharaan ke petshop, klinik, dan penitipan hewan selama libur Lebaran, ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti memastikan hewan sudah divaksin agar terhindar dari penyakit nosokomial serta menyedikan makanan hewan.

"Perbedaan jenis atau merek pakan yang diberikan saat di rumah dan penitipan akan membuat kucing mungkin mengalami stres karena butuh adaptasi untuk memakan jenis atau merek pakan yang berbeda. Setelah dititipkan, lakukan check up kembali oleh dokter untuk memastikan hewan dalam kondisi sehat," tutup Angga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com