Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mencairkan Bunga Es pada Freezer agar Bekerja Efisien

Kompas.com - 03/04/2022, 07:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpukan bunga es di dalam freezer tidak hanya mengurangi ruang yang tersedia untuk makanan, tapi juga membuat freezer mengonsumsi lebih banyak energi guna menjaga makanan pada suhu yang tepat.

Dengan mengonsumsi lebih banyak energi, berarti membuat tagihan listrik meningkat. Dalam jangka panjang, hal ini juga bisa memperpendek usia penggunaan freezer. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Membekukan Makanan di Freezer

Vijay Bhadwaj, Direktur di Beko—merek peralatan rumah tangga global—mengatakan es yang berlebihan bertindak sebagai isolator dalam freezer.

Artinya, freezer perlu bekerja lebih keras untuk menjaga makanan tetap dingin. Akibatnya, abisa mengurangi masa pakai freezer serta membuat tagihan energi meningkat.

Karena itu, penting mencairkan freezer secara rutin serta mengetahui cara mencairkannya demi menjaga makanan tetap aman serta menghemat biaya listrik. 

Baca juga: 6 Tips Menyimpan Ikan di Freezer agar Tidak Busuk dan Tahan Lama

Bhadwaj merekomendasikan mencairkan freezer dua kali setahun atau ketika lapisan es terbentuk sekitar seperempat inci atau tujuh milimeter.

"Ini memungkinkan alat berfungsi dengan benar dan mengosongkan ruang apa pun yang digunakan es," ucap Bhadwaj dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (3/4/2022). 

Nah, berikut ini cara mencairkan bunga es pada freezer agar bekerja efisien.

Matikan freezer dan keluarkan makanan

Ilustrasi feezer, bunga es di freezer.SHUTTERSTOCK/NAVIYA Ilustrasi feezer, bunga es di freezer.
Untuk mencairkan bunga es pada freezer, Anda harus mematikannya dan mencabut steker dari stopkontak. Keluarkan semua makanan dan masukkan ke kulkas agar tidak rusak selama proses pencairan. 

Baca juga: 4 Barang Rumah Tangga yang Dapat Diletakkan di Freezer 

Siapkan area lantai 

Untuk menjaga agar area lantai di sekitar freezer bebas dari tetesan air, letakkan handuk bekas atau koran di sekitarnya.

Masukkan juga lap, handuk, atau handuk kertas ke freezer untuk menyerap air saat es mencair dan ingatlah untuk memeras kain atau menukarnya dengan versi kering selama proses pencairan.  

Jika freezer memiliki selang pembuangan, masukkan ke ember atau baskom dan ingat untuk membuang air seperlunya selama pencairan.

Anda dapat mengatur shim di bawah bagian depan freezer untuk memiringkannya ke arah selang, tetapi lakukan ini dengan hati-hati karena alat berat.

Baca juga: Freezer Sering Berbau Tak Sedap? Hal Ini Jadi Penyebabnya

Keluarkan laci dan rak 

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.SHUTTERSTOCK/PJJARUWAN Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.
Keluarkan semua rak atau laci dari freezer jika memungkinkan. Namun, Anda mungkin harus menunggu beberapa saat jika macet karena penumpukan es.

Jadi, jangan memaksa mengeluarkan laci dan rak pada tahap proses pencairan freezer ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com