Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Painter's Tape Saat Mengecat Dinding

Kompas.com - 31/03/2022, 17:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa area pada dinding yang tidak perlu dicat ketika sedang mengecat dinding. Untuk itu, area ini perlu ditutupi dengan lakban atau selotip guna melindunginya terkena noda cat. 

Akan tetapi, lakban atau selotip ini bukan lakban yang biasa digunakan untuk membuat prakarya, melainkan yang didesain khusus untuk cat dinding atau dikenal dengan nama painter’s tape.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cat Dinding pada Pakaian

Bagi banyak tukang cat, benda ini mungkin tidak dibutuhkan lantaran sudah terbiasa atau ahli mengecat dinding dibanding orang awam. 

Namun, jika ingin menghemat bujet dan mengecat dinding sendiri, painter’s tape menjadi solusi untuk menutupi dan menjaga area yang tidak ingin dicat tetap bersih.

Lantas, bagaimana cara menggunakan lakban untuk cat dinding? Apakah dapat ditempelkan saja tanpa persiapan apa pun?

Disadur Bob Vila, Kamis (31/3/2022), berikut cara menggunakan laban cat. 

Baca juga: Cegah Kering, Begini Cara Tepat Menyimpan Kuas Cat

Cara menggunakan lakban cat

  • Siapkan dinding

Ilustrasi painter's tape, ilustrasi lakban untuk cat dinding.SHUTTERSTOCK / Charise Wilson Ilustrasi painter's tape, ilustrasi lakban untuk cat dinding.

Sebelum mulai menempelkan lakban ke dinding, pastikan semua permukaan dinding bersih, bebas dari debu, dan sangat kering.

Jika dinding tidak disiapkan dengan baik, lakban tidak akan menempel dengan sempurna. 

  • Tempelkan lakban

Umumnya, lakban digunakan untuk melindungi plafon, papan lis, dan papan lis di sekitar plafon. Namun, kamu dapat menempelkannya pada area lain yang ingin dilindungi seperti sakelar lampu

Setelah menentukan area yang ingin ditempelkan, robek lakban sepanjang sekitar 30 sentimeter (cm)—atau sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan—dan tempelkan ke area dalam garis lurus.

Baca juga: Cara Tepat Mencampurkan Cat Dinding dengan Air agar Hasilnya Maksimal

Mulailah menempel dari area tengah lakban dan ratakan setiap sisinya dengan jari atau pisau dempul. Pastikan tidak ada gelembung udara di dalam lakban.

Kamu tidak perlu menutupi semua area yang ingin dilindungi dengan lakban. Cukup menutupi tepiannya yang menempel ke dinding untuk menandakan bahwa area tersebut tidak perlu dicat.

Baca juga: 8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Mengecat Rumah

  • Segera lepaskan jika sudah mengecat dinding

Lakban ini dapat dibiarkan selama berjam-jam, bahkan berhari-hari karena tidak menyebabkan kerusakan pada permukaan di bawahnya.

Akan tetapi, sebaiknya segera melepasnya jika proses pengecatan dinding telah usai. Saat melepasnya, lakukan secara perlahan. Gunakan pisau dempul untuk membantu area lakban yang sulit dilepas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com